Pemprov Bengkulu Beli X-Ray Rp1,5 Miliar untuk Pemberangkatan CJH Tahun 2024

Pemprov Bengkulu Beli X-Ray Rp1,5 Miliar untuk Pemberangkatan CJH Tahun 2024

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) BENGKULU tahun 2024 ini melakukan pengadaan atau pembelian 1 unit x-ray scanner dengan spesifikasi dual view (pemindai ganda), yang akan digunakan untuk pemeriksaan bawaan penumpang, saat pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) BENGKULU tahun 2024.

Disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengajukan proses lelang pengadaan alat tersebut ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Pemkab Seluma Mutasi 40 Pejabat Eselon II, III dan IV, Berikut Daftar Namanya

“Pengadaan x-ray-nya sudah dilaksanakan menggunakan e-catalog, Insya Allah nanti di akhir April 2024 itu instalasinya sudah selesai dan siap dipasang,” kata Bambang, Jumat 22 Maret 2024.

Berdasadkan hasil rapat bersama Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Bengkulu, Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu serta Angkasa Pura II, pengadaan x-ray karena selama ini untuk pemeriksaan barang bawaan penumpang saat pemberangkatan CJH, Pemerintah Provinsi Bengkulu harus menyewa alat tersebut dengan biaya yang tidak sedikit. 

BACA JUGA:1.702 Dosis Vaksin Meningitis Disiapkan Untuk CJH Bengkulu

“Memang idealnya kita punya dua, satu unit x-ray cabin untuk penumpang satu lagi x-ray cargo. Cuman kita baru mampu untuk pengadaan satu unit,” ungkap Bambang.

Kemudian x-ray yang digunakan sebagai pendeteksi bawaan penumpang akan dipasang di Asrama Haji Bengkulu dan ditargetkan mulai digunaan pada musim pemberangkatan CJH tahun 2024.

BACA JUGA:Segar dan Lezat! 4 Resep Olahan Buah Nanas Ini Bisa Jadi Ide Berbuka Puasa Hari Ini

"Alokasi penganggaran untuk pengadaan satu unit x-ray itu sebesar Rp1,5 miliar, namun idealnya dibutuhkan dua unit x-ray untuk pemeriksaan barang penumpang yakni untuk kabin dan x ray untuk kargo," terangnya.

Untuk diketahui, alat x-ray merupakan kelengkapan penting di bandara untuk menunjang keamanan bandara, khususnya pengecekan barang bawaan penumpang yang akan dimasukkan ke kabin ataupun ke bagasi pesawat di bandara.

BACA JUGA:Sudah Tahu? Inilah 6 Sumber Kolagen Alami yang Bisa Bikin Tubuh Makin Sehat

X-ray scanner yang merupakan peralatan pendeteksi barang-barang berbahaya meliputi senjata api, senjata tajam, logam yang dianggap berbahaya, obat-obatan terlarang serta bahan peledak itu sangat dibutuhkan di Bandara Fatmawati Bengkulu.

(IJ)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: