Penting untuk Dilakukan, Inilah 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia agar Tetap Bugar, Salah Satunya Beristirahat

Penting untuk Dilakukan, Inilah 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia agar Tetap Bugar, Salah Satunya Beristirahat

Penting untuk dilakukan, inilah 5 tips hidup sehat untuk lansia agar tetap bugar, salah satunya istirahat yang cukup--(Sumber : Doc/BETV)

Mengonsumsi buah dan sayur baik untuk lansia karena dapat menjadi sumber antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat. 

BACA JUGA:Harus Terkontrol! Berikut Sederet Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

Lansia juga sebaiknya membatasi konsumsi makanan manis dan berlemak lantaran dapat memicu peradangan di dalam tubuh dan juga menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

2. Tetap Bergerak Aktif

Selain mengonsumsi makanan bergizi, lansia juga perlu tetap bergerak aktif untuk menjaga kesehatan sekaligus menambah usia harapan hidup mereka. 

BACA JUGA:Jangan Mager! Yuk Mulai Hidup Sehat di Rumah Dengan 8 Pilihan Olahraga Ramah Pemula Ini

Banyak lansia yang seringkali memutuskan untuk beristirahat sehingga bergerak lebih pasif. Padahal lansia juga perlu berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit serius termasuk disabilitas yang mungkin akan muncul. 

Meski demikian, tidak lantas lansia haru bergerak seperti anak muda pada umumnya. Mereka juga tetap harus menyesuaikan jenis serta intensitas olahraga dengan kondisi tubuh 

BACA JUGA:Kabar Baik, Ada 5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat ala Lansia, Dijamin Terhindar dari Penyakit Mematikan!

Mereka dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, berenang hingga bersepeda untuk menjaga kesehatan organ jantung dan paru-paru. Selain itu mereka juga dapat melakukan yoga dan peregangan untuk membantu tubuh lebih fleksibel. 

Lansia perlu berolahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehati sebanyak lima dari dalam satu minggu. Jika terlalu berat, kamu dapat membaginya ke dalam dua atau tiga waktu yang berbeda dalam sehari. 

BACA JUGA:Jalani Hari Dengan Baik! Ini 8 Kebiasaan Orang Sukses, Salah Satunya Punya Pola Hidup Sehat

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal tidak hanya diperuntukan bagi anak muda karena obesitas atau berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan serius. 

Mereka yang memiliki berat badan berlebih beresiko terkena berbagai penyakit seperti diabetes tipe-2, hipertensi, penyakit jantung, stroke, kanker hingga gangguan tidur dan osteoarthritis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: