Menarik Perhatian Dunia! Ini Misteri Geologi Mata Sahara, Fenomena Lingkaran Raksasa di Tengah Gurun

Menarik Perhatian Dunia! Ini Misteri Geologi Mata Sahara, Fenomena Lingkaran Raksasa di Tengah Gurun

Ilustrasi. Misteri Geologi Mata Sahara, fenomena lingkaran raksasa di Tengah Gurun.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Berbeda lagi, penjelaskan dari makalah ilmiah yang terbit di Journal of African Earth Sciences tahun 2014. Penemuan batuan vulkanik yang ada pada formasi Mata Sahara tersebut, terdapat bukti berupa batuan cair yang didorong menuju permukaan.

BACA JUGA:Misterius! Ada Temuan Kota Tenggelam ke Dasar Laut, Salah Satunya Dwarka di India

Sehingga akhirnya terbentuk kubah, dan sebelum terkikis menjadi cincin yang saat ini terlihat. Disebutkan pula dalam jurnal itu, tentang pemisahan benua super Pangea yang bisa jadi berperan penting dalam formasi vulkanik serta pergeseran tektonik tersebut.

Struktur dari Mata Sahara berupa campuran batuan sedimen serta batuan beku. Selain itu Mata Sahara punya unsur batuan riolit, karbonatit, kimberlit dan gabro.

Wilayah sekitar yang ada di Mata Sahara, juga merupakan bagian padang pasir luas berbatuan, dan juga berpasir yang terbentang apalagi jarang sekali ditemukan manusia.

BACA JUGA:Makhluk Mitologi Bernama Al Jassasah, Hewan Misterius Pengawal Dajjal, Sudah Tahu?

Kemudian diyakini pula bahwa tidak ada habitat di sana, sebab karena sifat bentang alam yang ada begitu ekstrem serta suhunya yang tinggi. Inilah Mata Sahara dengan struktur geologis komplek tersebut, hingga membuat bingung serta menjadi hal yang menarik perhatian sejumlah ahli geologi sejak ditemukannya.

Kemudian pada 2022, Mata Sahara pun jadi salah satu dari 100 situs warisan geologi yang telah diakui International Union of Geological Science (IUGS).

BACA JUGA:Menarik! Misteri Dibalik Temuan Tembok Raksasa di Laut Papua, Cek 5 Faktanya

Demikian informsasi tentang misteri fenomena geologi Mata Sahara yang begitu menakjubkan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: