Siap-siap! Ini Doa hingga Amalan yang Dapat Dilakukan di Malam Lailatul Qadar, Yuk Perbanyak Ibadah

Siap-siap! Ini Doa hingga Amalan yang Dapat Dilakukan di Malam Lailatul Qadar, Yuk Perbanyak Ibadah

Ilustrasi. doa hingga amalan saat malam Lailatul Qadar, perbanyak ibadah di bulan Ramadan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:6 Makhluk Mitologi dalam Islam, Salah Satunya Jadi Kendaraan Nabi Muhammad SAW Saat Isra Miraj

4. Sebagian manusia mengetahui di mimpinya

Lailatul Qadar merupakan rahasia kapan tepatnya malam penuh kemuliaan tersebut terjadi. Sebelumnya, pada masa sahabat Nabi pernah ada yang melihatnya di dalam mimpi, sebagian manusia yang diberikan keistimewaan tersebut.

Namun, kembali lagi semua adalah rahasia ilahi, kita hanya perlu meyakini bahwa akan datang malam Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Amalan di malam Lailatul Qadar

Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkan malam mulia ini? Adapun beberapa amalan yang dapat kamu kerjakan di 10 malam terakhir yakni:

BACA JUGA:Jadi Teladan Umat Islam Seluruh Dunia, Berikut 5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Yuk Ikuti!

1. Memperpanjang salat malam

Telah diketahui bahwa Lailatul Qadar merupakan malam mulia dengan penuh keistimewaan. Sehingga di 10 malam terakhir, biasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak tidur. Hal ini disampaikan dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim, bahwa:

Aisyah RA menuturkan, "Rasulullah biasa saat memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau mengencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), lalu menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk mengerjakan beribadah."

2. Melakukan itikaf di masjid

Tentu Anda pernah bukan melihat seseorang yang berdiam diri di masjid dan tidak keluar. Hal tersebut merupakan salah satu amalan malam Lailatul Qadar.

Sebagaimana itikaf adalah berdiam diri selama menjalankan beribadah, misalnya berzikir, berdoa, membaca Alquran, salat sunah, dan ibadah baik lainnya.

BACA JUGA:Mengenal 4 Sahabat Nabi Muhammad, yang Dapat Julukan Khulafaur Rasyidin, Indahnya Islam

3. Perbanyaklah tilawah al quran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: