6 Makhluk Mitologi dalam Islam, Salah Satunya Jadi Kendaraan Nabi Muhammad SAW Saat Isra Miraj

6 Makhluk Mitologi dalam Islam, Salah Satunya Jadi Kendaraan Nabi Muhammad SAW Saat Isra Miraj

Ilustrasi. Mengenal makhluk mitologi dalam Islam.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tentu tidak asing lagi bukan dengan sebutan makhluk mitologi. Hal ini pun juga dijelaskan dalam Al Quran yang tidak hanya berisi tentang ajaran Islam saja, ada sejumlah kisah yang terdapat di dalamnya.

Makhluk mitologi adalah sejenis makhluk dari suatu mitologi atau kisah masa lalu tepatnya peradaban kuno yang banyak mendeskripsikannya menyerupai makhluk dengan mempunyai kekuatan supernatural.

Sehingga sering kali dikenal dengan makhluk spiritual. Tidak heran jika ada sejumlah orang yang percaya dengan keberadaan makhluk mitologi ini. Lantas bagaimana dalam Islam? Kamu dapat simak ulasannya di sini.

BACA JUGA:Jadi Teladan Umat Islam Seluruh Dunia, Berikut 5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Yuk Ikuti!

Kemunculan makhluk mitologi ini merupakan salah satu bentuk kekaguman akan kuasa Allah sebagai pencipta. Meskipun terlihat tidak nyata, hanya saja keberadaannya menjadi sejarah dalam Islam.

Hal tersebut membuat kita sadar bahwa Allah SWT tidak hanya menciptakan kita, melainkan ada sejumlah makhluk yang keberadaannya masih menjadi teka-teki atau tersembunyi. Walau belum dapat melihatnya langsung, hal ini dapat menjadi tambahan pemahaman serta wawasan kita tentang makhluk mitologi.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini ada beberapa makhluk mitologi dalam Islam yang perlu diketetahui. Setidaknya kenali 6 makhluk ini, yang diketahui tertuang dalam A Al-Quran dan Hadits, yakni:

BACA JUGA:Pecinta Anabul Perlu Tahu, Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga Menurut Islam

1. Burak

Dalam Islam ada makhluk mitologi yang disebut dengan nama Burak, hal ini menurut kisahnya ketika Nabi Muhammad SAW tengah melakukan perjalanan Isra Miraj. Nabi Muhammad SAW yang saat dalam perjalanan Isra Miraj dari Masjid Al Aqsa menuju langit tertinggi menggunakan Burak sebagai kendaraannya.

Burak merupakan makhluk dengan sayap di bagian kiri dan kanan, selain itu juga sering diartikan makhluk dari surga. Lantas makhluk ini memiliki kecepatan yang amat luar biasa, seperti makna namanya yakni kilat.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Abu Dzar si Paling Miskin tapi Hidup Bahagia, Bikin Kagum Ternyata Karena Ini Masuk Islam!

Makhluk mitologi ini menjadi tanda adanya kekuasaan Allah SWT. Begitu cepatnya Burak kemudian digambarkan dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 20, yang artinya:

"Hampir saja kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali (kilat itu) menyinari, mereka berjalan di bawah (sinar) itu, dan apabila gelap menerpa mereka, mereka berhenti. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya Dia hilangkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: