dempo

Baik untuk Kesehatan! Ini 7 Manfaat dan Kandungan Daun Pandan, Dipercaya Dapat Ringankan Gejala Arthritis

Baik untuk Kesehatan! Ini 7 Manfaat dan Kandungan Daun Pandan, Dipercaya Dapat Ringankan Gejala Arthritis

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan daun pandan yang baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Daun pandan kerap kali ditemukan sebagai bahan pelengkap makanan dan minuman. Namun, tahukah tentang manfaat dan kandungan tumbuhan ini? Diketahui khasiatnya dapat meringankan gejala Arthritis.

Tidak hanya itu, di Indonesia daun pandan termasuk sebagai tumbuhan yang banyak dibudidayakan. Dengan aroma khasnya, daun ini sangat bermanfaat sebagai pelengkap rasa makanan.

BACA JUGA:Punya Kandungan Beta Karoten, Ini 6 Manfaat Daun Talas yang Harus Kamu Tahu!

Tidak hanya baik untuk kesehatan, daun berwarna hijau tersebut tentunya akan membuat makanan jadi lebih nikmat. Dengan mencampurkan sejumlah bahan yang dibutuhkan.

Tak jarang pula, daun pandan ditanam di perkarangan rumah, sehingga banyak yang menggunakan tumbuhan ini sebagai penyedap makanan. Namun, tidak hanya itu saja, tumbuhan ini juga bisa menjadi pewarna makanan alami.

BACA JUGA:Pahit Tapi Berkhasiat, Inilah Sederet Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya, Salah Satunya Sehatkan Kulit

Dengan memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin A, hingga fosfor. Kemudian memiliki senyawa yang dapat bertindak sebagai antibakteri seperti flavonoid, glikosida, polifenol, saponin, dan alkaloid.

Berkat aromanya yang harum, tumbuhan hijau ini cukup digemari sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk dijadikan minyak esensial maupun dibuat dalam bentuk bubuk, hingga pasta. Beragam olahan dengan bahan dasar utama daun pandan tentu sudah banyak dijumpai, hanya saja tidak sedikit dari mereka belum mengetahui manfaat dari tumbuhan hijau satu ini.

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Daun Jeruk Untuk Tubuh, Salah Satunya Jaga Kesehatan Mulut, Cek di Sini Khasiat Lainnya

Dilansir dari beberapa sumber, adapun sejumlah manfaat yang bisa kamu ketahui.

Manfaat dan kandungan daun pandan

1. Meringankan gejala arthritis

Penyakit ini bisa menyebabkan bengkak, kaku di persendian, peradangan, hingga nyeri. Menurut pengobatan Ayurveda, penyakit tersebut bisa diringankan dengan campuran minyak kelapa dan potongan daun pandan.

Sejumlah peneliti juga mengatakan daun pandan dengan kandungan akar dan minyak mempunyai khasiat antiradang yang sangat baik untuk sendi. Hanya saja, temuan tersebut masih harus dikaji kembali, sebab sebagian besar penelitiannya baru dilakukan kepada hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: