dempo

Baik untuk Kesehatan! Ini 7 Manfaat dan Kandungan Daun Pandan, Dipercaya Dapat Ringankan Gejala Arthritis

Baik untuk Kesehatan! Ini 7 Manfaat dan Kandungan Daun Pandan, Dipercaya Dapat Ringankan Gejala Arthritis

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan daun pandan yang baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:4 Cara Mengolah Daun Salam Sebagai Obat, Bisa Jadi Teh yang Menenangkan Sekaligus Menyehatkan

2. Jaga kesehatan mulut dan gigi

Manfaat lainnya juga yakni bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi, baik gigi berlubang atau gangguan kesehatan lainnya. Beragam metode pengobatan juga kerapkali menggunakan tumbuhan pandan ini untuk mengatasi gusi berdarah. Meskipun begitu, diketahui belum banyak penelitian ilmiah yang bisa membuktikan.

3. Menetralkan racun

Tanaman hijau ini ternyata juga memberikan khasiat yang bisa menetralkan racun di dalam tubuh, khusunya pada hati. Dengan kandungan yang ada di dalamnya, daun pandan dikenal ampuh sebagai detoksifikasi racun.

Bukan hanya menetralkan, namun tumbuhan ini juga mampu melepaskan racun dan kotoran supaya keluar dari tubuh. Banyak juga yang memakai tanaman ini sebagai obat pencahar alami.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengobati Asam Urat, Yuk Intip Kasiat Lainnya

4. Dapat redakan nyeri

Manfaat lainnya, tumbuhan ini juga bisa menjadi obat pereda nyeri. Dengan sifat analgesik yang dimiliki dapat meredekan sakit kepala, kram perut, nyeri dada, sampai nyeri radang sendi.

Tanaman hijau ini bisa ditambahkan ke dalam teh, dengan memotongnya menjadi kecil-kecil. Kemudian, rebus daun pandan dengan segelas air dalam waktu 5 menit. Jika sudah mendidih, saringlah air tersebut lalu tuang gula secukupnya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam, Bisa Untuk Mencegah Pikun

5. Bisa meningkatkan imunitas tubuh

Tumbuhan ini juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, pasalnya terdapat kandungan vitamin dan antioksidan. Sehingga hasilnya sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan bai.

6. Membantu turunkan gula darah

Menurut penelitian Pharmacognosy Magazine, dengan menggunakan ekstrak daun pandan ampuh untuk kurangi gula darah postprandial (pemeriksaan gula darah tanpa puasa lebih dulu). Sebagaimana pandan ini punya sifat antihiperglikemik yang bisa membantu menurunkan gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: