Sering Tidak Disadari, Inilah 7 Penyebab Kulit Kering, Salah Satunya Sering Menggosok Kulit

Sering Tidak Disadari, Inilah 7 Penyebab Kulit Kering, Salah Satunya Sering Menggosok Kulit

Sering tidak disadari, inilah 7 penyebab kulit kering, salah satunya sering menggosok kulit--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Sebagai pencegahan yang bisa kamu coba lakukan untuk masalah kulit kering ini adalah mengurangi menggosok kulit dan keringkanlah tubuh dengan lembut usai mandi.

2. Iritasi Pada Kulit

Selain kebiasaan menggosok kulit, iritasi pada kulit juga menjadi penyebab utama kulit menjadi kering. Hal ini lantaran adanya pemicu yang dimulai dengan paparan debu dan polusi, antiseptik dari sabun mandi, alkohol pada parfum, hingga deterjen di sabun cuci.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Konsumsi Air Kelapa Muda untuk Kecantikan, Salah Satunya Menutrisi Kulit Kering dan Sensitif

Terdapat tiga bahan yang dapat mengurangi produksi sebum atau minyak alami, yakni alkohol, deterjen, dan antiseptik. Ketiga bahan tersebut menjadi penyebab kulit menjadi kering

Untuk itu sebaiknya hindari produk-produk yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi seperti produk kosmetik atau skincare yang mengandung alkohol. 

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan! Ini 6 Manfaat Biji Selasih, Ampuh Cegah Kulit Kering

3. Perubahan Cuaca

Kulit kering juga dapat disebabkan oleh perubahan cuaca. Biasanya tingkat kelembapan udara mempengaruhi perubahan cuaca, sehingga makin rendah suatu kelembapan udara, suhu menjadi lebih dingin sehingga di saat bersamaan kulit akan terasa kering.

4. Penuaan

Selain faktor cuaca, kulit kering juga dapat terjadi ketika kulit mengalami penuaan. Ketika usia sudah mulai tua, kulit akan terasa lebih tipis sehingga kulit akan rentan menjadi kering.

BACA JUGA:Berikut 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kamu yang Memiliki Kulit Kering, Jangan Asal Pakai

5. Kondisi Kesehatan

Tidak hanya penuaan, kulit kering juga dapat disebabkan oleh berbagai kndisi kesehatan. Terdapat banyak penyakit maupun kondisi medis yang dapat membuat kulit seseorang menjadi kering, bersisik, serta kemerahan.

Contohnya adalah masalah kulit seperti eksim, atau psoriasis, hingga dermatitis atopik. Selain menjadi kering, penyakit ini dapat membuat kulit menjadi gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: