Buruan Cek Jangan Sampai Terlambat, Ini 8 Manfaat Timun untuk Wajah, Nomor 4 Paling Istimewa

Buruan Cek Jangan Sampai Terlambat, Ini 8 Manfaat Timun untuk Wajah, Nomor 4 Paling Istimewa

Ilustrasi. Buruan cek jangan sampai terlambat, ini 8 manfaat timun untuk wajah, nomor 4 paling istimewa.--(Sumber Foto: Web/Halodoc.com)

BETVNEWS - Timun atau Cucumis sativus merupakan salah satu buah yang diperkaya kandugan vitamin sehingga mampu memberikan manfaat kecantikan untuk wajah.

Bahan alami satu ini memiliki kandungan vitamin C, air, serat, dan berbagai sifat antioksidan.

Kandungan inilah yang berfungsi secara aktif dan efektif mengusur berbagai permasalahan yang ada di kulit wajah mulai dari kulit kering, jerawat, iritasi, hingga mengurangi produksi minyak berlebih.

BACA JUGA:Kaya Antioksidan, Ini Sederet Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah, Nomor 3 Bikin Awet Muda

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam timun berfungsi untuk mengontrol produksi minyak di wajah sehingga sangat baik untuk pemilik kulit berminyak.

Selain itu kandungan tersebut juga efektif mencegah jerawat karena mampu membebaskan pori-pori dari penyumbatan yang bisanya disebabkan oleh jerawat.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan hanya dengan menjadikan timun sebagai masker secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Melansir dari siloamhospitals.com, kandungan dan nutrisi yang terdapat pada timun dapat memberikan manfaat kecantikan sebagai berikut:

BACA JUGA:Punya Wajah Kering dan Sensitif? Ini 5 Rekomendasi Pelembap yang Efektif Bikin Kulit Kenyal dan Sehat

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat timun untuk wajah yang pertama adalah dipercaya dapat melembapkan kulit wajah. Memiliki kandungan air yang tinggi membuat timun dapat menghidrasi wajah sampai ke dalam, sehingga kulit tampak lebih sehat dan lembap.

Cara penggunaannya cukup gampang, kamu hanya perlu mencampurkan buah timun, madu, dan oatmeal untuk dijadikan masker wajah.

Campuran tersebut dapat memberikan efek hidrasi pada kulit sehingga wajah terhindar dari kulit kering dan beruntusan. 

BACA JUGA:Lakukan di Rumah, Ini 6 Jenis Perawatan Wajah yang Efektif Bikin Wajah Glowing dan Awet Muda

Lebih dari itu, campuran dari bahan alami tersebut juga dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah.

Setelah menggunakan masker wajah, jangan lupa mengoleskan pelembap wajah untuk mengunci kelembapan kulit wajah seharian.

2. Mengurangi Iritasi 

Kandungan antiinflamasi dan efek pendingin yang terdapat pada buah timun ternyata memberikan manfaat kesehatan pada kulit wajah dan mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti, membantu meredakan rasa sakit pada wajah, kulit kemerahan, ruam kulit, dan iritasi kulit akibat paparan sinar matahari atau gigitan serangga.

BACA JUGA:3 Resep Kue Kering Cokelat untuk Lebaran Ini Siap Meriahkan Meja Tamu, Surga untuk Pecinta Cokelat

3. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat timun untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan mata panda. 

Hal ini merupakan kabar baik bagi kaun hawa yang memiliki kantong mata seperti mata panda, karena timun dapat membantu menghilangkan kondisi tersebut.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada timun dipercaya dapat meredakan pembengkakan pada wajah sehingga wajah tampak lebih segar.

4. Memperbaiki Kulit Wajah yang Rusak

Manfaat buah timun selanjutnya adalah dapat memperbaiki kondisi wajah yang rusak. Hal ini karena timun dimanfaatkan sebagai face mist yang dapat memberikan manfaat langsung dengan membantu menenangkan kondisi kulit yang meradang.

BACA JUGA:Gunakan Sebagai Masker Wajah dan Dapatkan Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan Kulit Ini

Caranya sangat mudah, kamu cukup merebus buah timun kemudian airnya dapat kamu simpan ke dalam botol. Face mist siap disemprotkan pada wajah, perlu diketahui timun ini bisa disimpan paling lama 4 hari di dalam kulkas.

5. Mengatasi Kulit Berjerawat

kandungan asam flat dan vitamin C yang terdapat pada buah timun dapat memberikan manfaat unuk kulit berjerawat. Hal ini karena kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan peradangan akibat jerawat sehingga kulit wajah menjadi tenang.

Tidak hanya itu, memiliki kandungan air yang tinggi membuat buat timun mampu mengontrol minyak di wajah, sehingga dapat mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

BACA JUGA:5 Manfaat Lemon untuk Wajah yang Harus Diketahui, Salah Satunya Menyamarkan Garis Halus, Intip Kandungannya

6. Merawat Kulit Berminyak

Manfaat timun untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat merawat kulit berminyak. Hal ini karena pemanfaatan timun sebagai masker dapat memberikan pertolongan pada wajah yang memiliki minyak berlebih.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu campuran timun yang sudah dihaluskan dengan plain yoghurt. 

Lalu, oleskan masker wajah tersebut ke seluruh wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

7. Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat timun lainnya adalah dapat membantu mengatasi masalah kulit terbakar. Terlalu lama berada di bawah terik sinar matahari sangat rentam membuat kulit terbakar terutama wajah.

BACA JUGA:5 Manfaat Masker Bengkoang untuk Wajah, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini, Begini Cara Membuatnya

Manfaat timun untuk wajah yang satu ini dapat diperoleh dari kandungan mineral dalam timun (kalium dan sulfat) yang dapat membantu memulihkan kulit terbakar. 

Efek dingin dari masker timun juga bisa mencegah peradangan dan meredakan iritasi kulit akibat panas matahari.

8. Menyamarkan Noda Hitam

Selain dapat  merawat kulit berminyak, buah timun juga dapat menyamarkan noda hitam. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan enzim proteolitik dalam timun yang mampu membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah.

BACA JUGA:5 Manfaat Bengkoang untuk Wajah yang Harus Kamu Ketahui, Nomor 4 Paling Istimewa

Selain itu, kandungan vitamin C di dalam timun juga dapat membantu merangsang produksi kolagen yang berperan dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam maupun bekas luka yang menghitam di wajah.

Nah, itulah manfaat buah timun untuk kecantikan. Bagi kamu yang memiliki permaslahan pada wajah seperti di atas, yuk coba dam butikan sendiri khasiatnya. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: