Perlu Tahu! Ini 6 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Ampuh Buat Gigi Putih hingga Mengatasi Sakit Kepala

Perlu Tahu! Ini 6 Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Ampuh Buat Gigi Putih hingga Mengatasi Sakit Kepala

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan kulit pisang untuk kesehatan, ampuh buat gigi putih hingga mengatasi sakit kepala.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Tidak hanya daun dan buahnya, diketahui kulit pisang juga memiliki manfaat yang jarang diketahui. Baik untuk kesehatan dan dipercaya ampuh buat gigi putih hingga mengatasi sakit kepala.

Tidak sedikit dari kita, setelah selesai makan buah pisang, kulitnya langsung dibuang begitu saja. Namun, ternyata dari kulitnya inilah tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan jika diolah dengan baik.

BACA JUGA:Ini 8 Manfaat Buah Pisang yang Perlu Kamu Tahu! Baik untuk Kesehatan Pencernaan, Cek Kandungannya di Sini

Diketahui kulit pisang ini bisa digunakan sebagai pupuk agar tanaman subur dan sehat. Lantas apa saja manfaat bagi kesehatan? Dapat kamu simak di sini.

Tidak jarang bukan kulit pisang langsung dibuang begitu saja, nah kali ini bisa kamu manfaatkan dalam membantu kesehatan. Cara menggunakannya pun tidak sulit, hanya perlu mengusapkan kulit pisang atau mencampurkannya sebagai bahan masker.

Kulit pisang juga memiliki kandungan seperti serat, vitamin (vitamin B6 dan vitamin B12), mineral (magnesium dan kalium), lemak tak jenuh, hingga asam amino esensial.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Manfaat dan Kandungan Daun Pisang, Baik untuk Kesehatan Kulit

Diduga dapat atasi jerawat, kamu hanya perlu memanfaatkannya secara rutin. Dapat disimpan di tempat sejuk dan kering, hanya saja perlu untuk menjauhkan dari sinar matahari.

Menurut Nutrition Source from Harvard's T.H. Chan School of Public Health, kulit ini memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Selain itu, tercatat bahwa kulit pisang bisa dijadikan sebagai penyembuhan luka bakar atau iritasi kulit.

Dikutip dari laman alodokter, adapun manfaat kulit pisang dalam kesehatan yang perlu kamu ketahui.

BACA JUGA:Budidaya Tanaman Ciplukan di Rumah untuk Mendapatkan Manfaatnya dengan Mudah, Begini Caranya

1. Gigi akan sehat dan putih

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan ekstrak kulit pisang, bisa membasmi dan menghentikan pertumbuhan bakteri yang disebabkan oleh peyakit gingivitis dan periodontitis, yakni A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis.

Selain itu, bila kulit pisang digosokkan pada gigi ataupun gusi setiap hari selama seminggu diyakini bisa menyehatkan gusi bahkan memutihkannya, serta memudarkan noda plak gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: