Australia Termasuk! Ini Daftar Negara yang Pernah Mendukung Papua Merdeka dari Indonesia

Australia Termasuk! Ini Daftar Negara yang Pernah Mendukung Papua Merdeka dari Indonesia

Ilustrasi. Negara yang pernah mendukung Papua merdeka dari Indonesia.--(Sumber Foto: Web/suarapapua.com)

1. Vanuatu

Negara yang mendukung Papua merdeka dari Indonesia pertama adalah Vanuatu. Sudah sejak lama negara satu ini mendukung penuh Papua merdeka dari negara Indonesia.

Diketahui, Vanuatu sangat mendukung Papua merdeka dari Indonesia terutama bagian barat. Hal tersebut karena Papua Barat paling banyak memiliki kekayaan alam.

2. Tuvalu

Negara yang pernah mendukung Papua merdeka dari Indonesia selnjutnya adalah Tuvalu. Negara satu ini bahkan pernah menyeruhkan penyelidikan mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami masyarakat Papua barat.

BACA JUGA:Berikut 5 Tokoh Kelompok Kriminal KKB Papua yang Telah Diketahui Publik, Salah Satunya Egianus Kogoya

Hal ini dilakukan dalam sidang Majelis Umum PBB tahun 2018. Alasan utama kenapa Tuvalu mendukung Papua merdeka dari Indonesia karena kabar kekerasan yang dilakukan kepada masyarakat Papua.

Oleh karena itu negara Tuvalu merasa Papua berhak merdeka dari Indonesia, karnanya negara ini mendukung pemisahan Papua dari Indonesia.

3. Kepulauan Salomon

Negara yang mendukung Papua merdeka dari Indonesia berikutnya adalah kepulauan salomon. Salah satu dibalik dukungan negara ini untuk Papua yang ingin memishkan diri adalah kerna adanya pelanggaran HAM di papua khususnya bagian barat.

BACA JUGA:Masih Buron, Inilah Perbedaan KKB Papua dan OPM yang Menjadi Pelaku Aksi Separatis Negara

4. Palau

Selain Kepulauan Salomon, Palu juga menjadi salah satu negara yang pernah mendukung Papua memisahkan diri dari Indonesia.

Diantara negara lain, Palu juga menjadi salah satu negara yang paling mendukung Papua terpisah dari Indonesia.

Hal tersebut karena Palu menganggap bahwa Papua pantas mendapatkan keadilan dengan dapat mengelola dan menentukan nasibnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: