Berikut 5 Tokoh Kelompok Kriminal KKB Papua yang Telah Diketahui Publik, Salah Satunya Egianus Kogoya

Berikut 5 Tokoh Kelompok Kriminal KKB Papua yang Telah Diketahui Publik, Salah Satunya Egianus Kogoya

Berikut 5 tokoh kelompok kriminal KKB Papua yang telah diketahui publik, salah satunya Egianus Kogoya sang pemimpin--(Sumber Foto : Doc/BETV)

BETVNEWS - Maraknya tindak kriminal oleh Kelompok kriminal Bersenjata atau KKB Papua membuat orang-orang penasaran siapa tokoh-tokoh KKB Papua ini. 

BACA JUGA:Masih Buron, Inilah Perbedaan KKB Papua dan OPM yang Menjadi Pelaku Aksi Separatis Negara

Tokoh-tokoh ini telah menjadi penggerak dari kelompok ini sejak dibentuknya organsisasi tersebut.

KKB Papua ini merupakan singkatan dari Kelompok Kriminal Bersenjata yang sebelumnya dikenal dengan nama Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang sejak lama menginginkan Papua lepas dari NKRI. 

BACA JUGA:Mengenal KKB Papua yang Tengah Memanas, Apa Tujuannya? Pelajari Informasinya di Sini

Tidak hanya itu, gerakan ini telah ada sejak lama dan menjadi sejarah panjang dalam melakukan aksi kekerasan dan juga teror yang terus memakan korban yang berasal dari berbagai kalangan, seperti polisi, TNI, hingga warga sipil. 

KKB Papua sendiri sejak tahun 2021 lalu telah ditetapkan oleh pemerintas sebagai kelompok teroris dengan referensi UU Nomor 5 Tahun 2018 lalu dalam Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR RI. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? 4 Alasan Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas, Ternyata Karena Hal Ini

Dan sejak kemunculannya, kelompok ini telah melakukan berbagai tindak kekerasan yang tidak jarang berujung pada penghilangan nyawa baik pada pihak aparat maupun pihak sipil. 

Lantas siapa saja tokoh dibalik kelompok kriminal ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Haru Iringi Pemakaman Pratu M. Fadli yang Gugur Diserang KKB Papua

Tokoh-tokoh KKB Papua

1. Toni Tabuni

Tokoh KKB Papua pertama yang telah dikenal publik adalah Toni Tabuni yang berperan sebagai pimpinan KKB Ndeotadi yang berlokasi di Kabupaten Paniai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: