6 Kecamatan Terdampak Banjir di Kabupaten Lebong, 2 Terisolir

6 Kecamatan Terdampak Banjir di Kabupaten Lebong, 2 Terisolir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menurunkan tim ke Kabupaten Lebong untuk melakukan pendataan atau asessment dampak yang terjadi dan langkah penanganan kedepan.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menurunkan tim ke Kabupaten Lebong untuk melakukan pendataan atau asessment dampak yang terjadi dan langkah penanganan kedepan.

BACA JUGA:Bikin Berat Badan Jadi Ideal, Berikut 10 Tips Diet Sehat yang Cepat, Salah Satunya Makan Secukupnya

"Hari ini tim BPBD Provinsi Bengkulu turun ke Kabupaten Lebong melakukan pendataan dan penanganan darurat  yang dibutuhkan masyarakat," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Selasa 16 April 2024.

Ia mengatakan, BPBD Provinsi Bengkulu akan mendirikan posko bencana di Kabupaten Lebong guna memudahkan koordinasi dan penanganan pasca banjir dan antisipasi banjir susulan. Selain itu  sekaligus memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. 

BACA JUGA:Pesan Rohidin Mersyah Jelang Masa Jabatan Berakhir di Halal Bihalal Pemprov Bengkulu

"Tim kita juga akan mendirikan posko bencana di Lebong dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat," ungkapnya.

Lanjut Herwan, berdasarkan koordinasi awal dengan BPBD Kabupaten Lebong banjir akibat hujan dengan intensitas terjadi sejak Senin 15-16 April 2024 membuat sungai Ketahun meluap. Sehingga mengakibatkan desa atau kecamatan yang dilewati sungai terdampak.

BACA JUGA:Pesan Rohidin Mersyah Jelang Masa Jabatan Berakhir di Halal Bihalal Pemprov Bengkulu

"Ada beberapa kecamatan yang terdampak banjir, mulai dari Kecamatan Topos hingga Kecamatan Muara Aman yang dilewati oleh Sungai Ketahun," kata Herwan.

Dikatakan Herwan, pihaknya juga telah meminta BPBD Kabupaten Lebong untuk melakukan menyelamatan masyarakat terlebih dulu. Kemudian melakukan pengusian masyarakat berada di pinggiran sungai Ketahun.

"Kami meminta agar masyarakat diselamatkan terlebih dulu dengan melakukan pengusian ke tempat yang aman," demikian Herwan Antoni.

BACA JUGA:Melawan saat Ditangkap, Maling Motor TKP Kabupaten-Kota Bengkulu Dihadiahi Timah Panas

Untuk diketahui, berdasarkan data sementara BPBD Provinsi Bengkulu sebanyak 6 kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Lebong, yakni Kecamatan Topos, Kecamatan Beringin Kuning, Kecamatan Emen, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Lebong Utara, dan Kecamatan Rimbo Pengadang. 

Sementara 2 kecamatan terisolir yakni kecamatan Beringin kuning, dan Kecamatan Uram Jaya. Akibat banjir tersebut diperkirakan sebanyak 50 ribu jiwa terdampak dan ribuan rumah dan fasilitas umum, sekolah, rumah ibadah dan lainnya terdampak banjir kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: