Waspada! 6 Modus Penipuan Terbaru 2024 yang Perlu Kamu Ketahui, Ayo Hindari Jangan Sampai Kena Scam Berbahaya

Waspada! 6 Modus Penipuan Terbaru 2024 yang Perlu Kamu Ketahui, Ayo Hindari Jangan Sampai Kena Scam Berbahaya

Iluistrasi. Waspada! 6 Modus Penipuan Terbaru 2024 yang Perlu Kamu Ketahui--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Kasus Dugaan Penipuan Modus Kerja di Bank, Polres Seluma Jadwalkan Pemanggilan Oknum ASN Terlibat

Jangan pernah memberikan informasi kartu kredit atau debit kepada pihak yang tidak terpercaya atau tidak dikenal. Pastikan untuk melindungi informasi pribadimu secara online dengan memastikan bahwa situs web yang kamu gunakan aman dan terverifikasi.

5. Penipuan Berkedok Giveaway

Penipuan berkedok giveaway sering kali terjadi. Bagi kamu yang mendapatkan pesan iming-iming giveaway jangan mudah percaya.

BACA JUGA:Dugaan Kasus Penipuan Oknum ASN dengan Modus Kerja di Bank, Polres Seluma: Segera Kita Tindaklanjuti

Apalagi harus menebus giveaway tersebut dengan sejumla uang. Jika kamu memenangkan giveaway di media sosial, pastikan terlebih dahulu lembaya yang terkait.

Memenangkan giveaway yang asli biasanya tidak akan dipungut biaya apapu, karena seluruh biaya sudah ditanggung oleh lembaga terkait. pabila sebaliknya, kamu disuruh membayar, jangan percaya dan abaikan saja.

BACA JUGA:Dugaan Penipuan Dengan Modus Kerja di BANK, Oknum ASN Seluma Dilaporkan ke Polisi

6. Penipuan Pekerjaan

Lowongan pekerjaan sering dijadikan ladang modus penipuan. Agar tidak mudah tertipu lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan dan posisi yang akan diduduki sebelum menerima tawaran pekerjaan.

Pastikan untuk memeriksa keaslian perusahaan dan kontak yang memberi tawaran tersebut, serta pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi atau keuanganmu sebelum kamu yakin tentang legitimasi tawaran pekerjaan tersebut.

BACA JUGA:Kabur Bertahun-tahun, Pelaku Penipuan Arisan Online Berhasil Ditangkap Polres Seluma

Nah itulah 6 modus penipuan yang perlu kamu ketahui karena sangat berbahaya. Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: