Jauhkan Kelompok Lanjut Usia dari Penyakit dengan Menerapkan Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini, Cek Segera

Jauhkan Kelompok Lanjut Usia dari Penyakit dengan Menerapkan Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini, Cek Segera

Jauhkan kelompok lanjut usia dari penyakit dengan menerapkan tips hidu[ sehat untuk lansia ini, cek segera--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Menjaga berat badan ideal tidak hanya diperuntukan bagi anak muda karena obesitas atau berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan serius. 

BACA JUGA:Aktif Bergerak dan Kelola Stress Perlu Dilakukan oleh Penderita Diabetes, Cek Tips Hidup Sehat Lainnya

Mereka yang memiliki berat badan berlebih beresiko terkena berbagai penyakit seperti diabetes tipe-2, hipertensi, penyakit jantung, stroke, kanker hingga gangguan tidur dan osteoarthritis. 

Lansia perlu berat badan ideal yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk sebab lansia dengan berat badan yang kurang memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:Kembali Fitri dan Terapkan Hidup Sehat Setelah Lebaran dengan Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW Ini

Tubuh yang terlalu kurus justru dapat menjadi gejala dari suatu penyakit serius atau tanda jika tubuh semakin melemah sehingga lansia perlu menjaga berat badan agar tetap normal. 

4. Istirahat yang Cukup 

Mereka yang telah lanjut usia biasanya mengalami gangguan tidur seperti insomnia, hingga mengantuk di siang hari namun akan terjaga di siang hari. 

BACA JUGA:Penderita Diabetes Harus Menerapkan Pola Makan yang Tepat, Cek Tips Hidup Sehat Lain untuk Penderitanya

Padahal lansia memerlukan tidur yang cukup dan berkualitas untuk beristirahat agar tubuh tetap bugar dan sehat. 

Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu lansia tidur nyenyak, seperti mematikan televisi atau gadget, menghindari cahaya lampu yang terlalu terang, memastikan suhu ruangan rendah, tenang dan juga gelap. 

BACA JUGA:Setelah Lebaran, Yuk Kembali Jalani Hidup Sehat Ala Rasulullah Ini Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Selain tips tersebut, sebaiknya hindari juga memasang jam dinding di dalam kamar karena suaranya dapat meningkatkan kecemasan pada lansia sehingga membuat mereka sulit tidur. 

5. Bersosialisasi

Meski sudah lansia, mereka juga sebaiknya tetap bersosialisasi dan menjaga hubungan dengan orang lain seperti teman sebaya. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka kesehatan lansia akan tetap terjaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: