Penipuan berkedok Salah Transfer Rekening Sedang Marak, Berikut Cara Mengatasinya

Penipuan berkedok Salah Transfer Rekening Sedang Marak, Berikut Cara Mengatasinya

Penipuan berkedok Salah Transfer Rekening Sedang Marak, Berikut Cara Mengatasinya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Modus penipuan bisa datang lewat apapun, namun baru-baru ini yang sedang marak terjadi adalah Modus salah tranfer.

Modus salah tranfer ini sudah banyak memakan korban. Penipuan dilakukan dengan cara mengirim sejumlah dana ke rekening korban.

BACA JUGA:Hati-hati! 7 Modus Penipuan Ini Sudah Banyak Memakan Korban, Yuk Cek Jangan Sampai Kena

Kemudian, pelaku penipuan akan meminta korban untuk mengirimkan kembali uang yang sudah ditransfer tersebut dengan jumlah yang lebih besar walaupun korban tidak pernah mengajukan pinjaman online.

Oknum penipu selanjutnya akan mengancam penerima untuk segara melakukan pelunasan dengan jumlah besar jika tidak maka korban akan terus di teror oleh pelaku.

BACA JUGA:Modus Penipuan Online Sedang Marak, Berikut 5 Tips Cara Menghindarinya, Yuk Cek Jangan Sampai Menjadi Korban

Semakin marak dengan kasus yang viral saat ini, Sekretariat pemberantas Aktivitas Keuangan Ilegal atau yang dikenal dengan sebutan Satgas Waspada Investasi pun memberikan sejumlah tips apabila modus slah transfer ini terjadi kepadamu.

Sebagai antisipasi akan modus penipuan salah transfer, berikut kami ulas 7 tips yang dapat Anda lakukan jika menemukan modus penipuan yang sama.

BACA JUGA:Waspada! 6 Modus Penipuan Terbaru 2024 yang Perlu Kamu Ketahui, Ayo Hindari Jangan Sampai Kena Scam Berbahaya

1. Jangan gunakan uangnya

Jika kamu mendapatkan transferan uang dari orang yang tidak dikenal, sebisa mungkin jangan sampai menggunakan uang tersebut. Biarkan saja, jika sampai terpakai maka penipu akan semakin gencar meneror kamu.

BACA JUGA:Modus Penipuan Terbaru 2024, Salah Satunya Salah Transfer Rekening, Begini Cara Mengatasinya

2. Kumpulkan bukti sebanyak mungkin

Jika mendapat modus penipuan seperti ini, pastikan untuk mengumpulkan bukti sebanyak mungkin. Kumpulkan bukti seperti tangkap layar pesan anda bersama penipu, rekam layar atau screen recording saat Anda sedang telfonan bersama penipu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: