Bunga Rafflesia Gadutensis Mekar Sempurna di Bengkulu Utara

Bunga Rafflesia Gadutensis Mekar Sempurna di Bengkulu Utara

Bunga Rafflesia Gadutensis mekar sempurma di objek wisata Palak Siring Kemumu, Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, dengan garis tengah berdiametr 35 cm.--(Sumber Foto: Aap/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Bunga Rafflesia Gadutensis mekar sempurma di objek wisata Palak Siring Kemumu, Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara, dengan garis tengah berdiameter 35 cm.

Spesies Rafflesia Gadutensis yang mekar ini tidak jauh dari pintu masuk objek wisata, dengan jarak sekitar 100 meter

Berada di sisi kiri tangga menuju air terjun palak siring. Sehingga memudahkan pengunjung untuk melihatnya. 

BACA JUGA:25 Pegawai Absen Tanpa Keterangan di Hari Pertama Kerja, Pemkot Serahkan Sanksi ke OPD Masing-masing

Anggota Pokdarwis Arga Tirta Bengkulu Utara, Prasetya Jaggat Fernandes mengatakan bahwa bunga Rafflesia spesies gadutensis yang sedang mekar sempurna ditemukan sejak Senin 15 April 2024 kemarin.

"Berbeda dengan ukuran bunga yang ditemukan biasanya, dapat mekar mencapai diameter 50 cm hingga 60 cm. Namun jenis Gadutensis ini mekar hanya berdiameter 35 cm," kata Prasetya.

Selain itu, terdapat dua bongkol lainnya berada di sisi tebing yang juga akan mekar. Sehingga untuk melindungi bunga tersebut, pengunjung diimbau untuk tidak langsung menyentuhnya.

"Bagi pengunjung diimbau agar tidak menyentuh langsung bunga tersebut, dikarenakan sangat rapuh dan mudah patah," tambah Prasetya.

BACA JUGA:Tuntutan Pemberhentian Kades Dusun Baru Terus Berlanjut, Warga Segel Kantor Desa

Untuk diketahui bunga Rafflesia mekar paling lama sekitar tujuh hari dan akan mekar sempurna pada hari kedua hingga hari keempat.

Sedangkan hari kelima hingga keenam sudah mulai mengalami pembusukan.

Bagi masyarakat yang ingin masuk ke lokasi cukup membayar karcis sebesar Rp5.000 saja sudah dapat berfoto dengan latar belakang bunga rafflesia yang indah.

(Aap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: