5 Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai, Panas Tinggi Mendadak hingga Kelelahan, Cek yang Lain

5 Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai, Panas Tinggi Mendadak hingga Kelelahan, Cek yang Lain

Ilustrasi. Gejala demam berdarah yang perlu diwaspadai.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Demam berdarah (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yuk kenali gejalanya.

Diketahi, gigitan nyamuk tersebut membawa virus yang menyebabkan beberapa gejala mulai dari demam tinggi, nyeri otot, mual, muntah, hingga kelelahan. Demam berdarah sendiri dapat dialami oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan, dari anak kecil hingga dwasa.

BACA JUGA:Jambu Biji Dipercaya Dapat Mengatasi Demam Berdarah, Cek 8 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Penyakit demam berdarah termasuk berbahaya jika tidak ditangani dengan baik, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu kamu harus memahami gejala yang ditimbulkan supaya dapat melakukan pencegahan segera. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu gejala demam berdarah adalah panas tinggi yang tiba-tiba.

Jika kamu mengalami kondisi ini maka segera periksa diri ke dokter agar dapat dilakukan tindakan pencegahan sehingga terhindar dari resiko DBD.

Melansir dari dinkes.sumutprov.go.id, berikut gejala demam berdarah yang harus diwaspadai:

BACA JUGA:11 Warga di Kaur Terkonfirmasi Demam Berdarah Sepanjang 2023

1. Panas Tinggi Mendadak

Gejala demam berdarah yang pertama adalah panas tinggi secara mendadak. Hal tersebut disebebkan oleh virus yang disuntikan melalui gigitan nyamuk dan menyebar ke aliran darah.

Ada beberapa perbedaan antara demam yang diakibatkan DBD atau demam biasa. Jika gejala demam yang diakibatkan oleh DBD biasanya terjadi secara mendadak dan mencapai suhu hingga 40 derajat celsius. Sedangkan untuk demam biasa, biasanya terjadi mulai panasnya berangsur-angsur. 

 BACA JUGA:Bupati Ingatkan Waspada Demam Berdarah

2. Nyeri Otot

Gejala demam berdarah selanjutnya adalah nyeri otot. Diketahui ketika fase demam sudah terjadi maka selanjutnya badan akan menjadi pegal di beberapa area seperti sendi, tulang, hingga otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: