Hindari Gigitan Nyamuk hingga Jaga Kebersihan, Ini 6 Cara Cegah Demam Berdarah di Rumah

Hindari Gigitan Nyamuk hingga Jaga Kebersihan, Ini 6 Cara Cegah Demam Berdarah di Rumah

Ilustrasi. Cara mencegah demam berdarah di rumah.--(Sumber Foto: Web/kontenpedia.com)

BETVNEWS - Lakukan pencegahan demam berdarah dari rumah dengan beberapa cara, diantaranya hindari gigitan nyamuk dan jaga kebersihan.

Sebagai informasi, demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Adapun gejala yang ditimbulkan adalah panas tinggi, menggigil, sakit kepala parah, lelah, bahkan jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara mencegah demam berdarah terutama dari rumah. Seperti yang sudah dikatakan bahwa salah satu caranya adalah dengan menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Mengkudu untuk kesehatan, Redakan Nyeri Sendi hingga Kontrol Tekanan Darah

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan obat nyamuk, tidur dengan kelambu, dan secara rutin menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Diketahui nyamuk demam berdarah sangat menyukai tempat kotor dan lembab seperti genangan air, sudut ruangan yang jarang dibersihkan, penampungan air, dan tempat sampah.

Oleh karena itu kamu harus secara rutin mengganti air dan menguras bak mandi agar nyamuk Aedes aegypti enggan mendekat, kamu juga harus rutin membersihkan lingkungan rumah sekaligus dalamnya seperti membersihkan kolong kasur, sudut ruangan, dan membuang sampah pada tempatnya.

Melansir dari mediaindonesia.com, berikut cara mencegah demam berdarah di rumah:

BACA JUGA:Olahan Sayur Kangkung Lezat, Intip di Sini Resep dan Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Menghindari Gigitan Nyamuk 

Cara cegah demam berdarah di rumah yang pertama adalah dengan menghindari gigitan nyamuk. Seperti yang diketahui bahwa demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus menghindari gigitan nyamuk di rumah. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghindari gigitan nyamuk adalah menggunakan kelambu saat tidur.

Selain itu, menggunakan pelindung ventilasi juga menjadi salah satu langka mencegah demam berdarah karena dengan begitu nyamuk lebih susah masuk ke dalam rumah.

Di sisi lain, menggunakan obat nyamuk juga menjadi bagian dari langkah mencegah nyamuk masuk ke rumah sehingga dapat terhindar dari gigitan nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: