Hindari Gigitan Nyamuk hingga Jaga Kebersihan, Ini 6 Cara Cegah Demam Berdarah di Rumah

Hindari Gigitan Nyamuk hingga Jaga Kebersihan, Ini 6 Cara Cegah Demam Berdarah di Rumah

Ilustrasi. Cara mencegah demam berdarah di rumah.--(Sumber Foto: Web/kontenpedia.com)

BACA JUGA:Suka Tempat Lembap, Ini 6 Ciri-ciri Lain Nyamuk Demam Berdarah, Kamu Harus Waspada

2. Menghilangkan Sarang Nyamuk 

Cara cegah demam berdarah di rumah selanjutnya adalah dengan menghilangkan sarang nyamuk itu sendiri. Diketahui, nyamuk demam berdarah memiliki ciri khusus yakni sangat menyukai tempat lembap dan kotor seperti genangan air, penampungan air, tumpukan sampah, dan kolong kasur.

Dengan begitu kamu harus memastikan tempat tersebut selalu dalam keadaan bersih dengan rutin mengganti air di dalam penampungan, memberihkan kolong kasur, membuang sampah dan menyingkirkan pakaian lembap.

3. Menggunakan Obat Nyamuk 

Cara cegah demam berdarah di rumah berikutnya adalah dengan menggunakan obat nyamuk. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari gigitan nyamuk.

BACA JUGA:Teraptkan 3M Sebagai Langkah Awal Mencegah Demam Berdarah, Ini 5 Cara Lainnya

Sebagai informasi bahwa nyamuk sangat tidak menyukai bau-bau dari obat nyamuk sehingga cara ini dapat dilakukan untuk menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Selain menggunakan obat nyamuk, menjaga kebersihan merupakan salah satu langkah mencegah demam berdarah di rumah.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa nyamuk sangat menyukai tempat lembap dan kotor sehingga penting untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah agar nyamuk Aedes aegypti enggan mendekat.

5. Menggunakan Kelambu 

Cara cegah demam berdarah di rumah berikutnya adalah dengan mengunakan kelambu ketika tidur. Dengan begitu nyamuk tidak dapat menggigit ketika kamu sedang tertidur atau saat berada di dalamnya.

BACA JUGA:Cek 8 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Demam Berdarah

Hal ini sangat penting dilakukan apalgi jika kamu tinggal di dahera yang lembap dan banyak pepohonan gunung, hutan, atau daerah lembap lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: