Jangan Sepelekan! Ternyata Ini Bahaya Tidur Pakai Earphone, 6 Risiko Tak Terduga Dapat Kamu Alami

Jangan Sepelekan! Ternyata Ini Bahaya Tidur Pakai Earphone, 6 Risiko Tak Terduga Dapat Kamu Alami

Ilustrasi. Ternyata ini bahaya tidur pakai earphone, 6 risiko tak terduga dapat kamu alami.--(Sumber Foto: Pixabay/subarasikiai)

BETVNEWS - Earphone menjadi salah satu alat untuk mendengarkan, yang mana cara penggunaanya dimasukkan ke dalam telinga. Tidak sedikit orang tidur menggunakan alat audio kecil ini.

Namun, ternyata penggunaan earphone saat tidur dapat berbahaya untuk kesehatan khususnya pada pendengaran.

Meskipun alat ini memiliki fungsi yang sangat membantu, ada hal yang perlu diperhatikan banyak orang. Salah satunya tidak membiasakan diri menggunakan earphone ketika hendak tidur.

BACA JUGA:Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran Sedunia 2023, Intip Sejarah hingga Temanya di Sini!

Mendengarkan musik pakai earphone adalah hal yang menyenangkan untuk sebagian orang. Karena musik tersebut akan terdengar lebih jelas untuk dirinya sendiri. Tak jarang dari mereka memanfaatkannya untuk dapat tertidur lelap, terlebih jika musik yang didengarkan terdengar lembut dan bisa membuatnya tertidur.

Hanya saja, ada beberapa risiko yang perlu diketahui jika menggunakan aerphone saat tidur.

Ada keyakinan bahwa mendengarkan musik saat tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dan dapat membuat seseorang terlelap lebih cepat. Tentunya hal tersebut tidak dilarang. Namun, perlu untuk memperhatikan risiko yang akan dialami saat membiasakan diri tidur menggunakan alat audio kecil ini.

BACA JUGA:3 Bahaya Menggunakan Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga

Melansir laman sehatq.com, berikut ini sejumlah risiko berbahaya saat seseorang tidur menggunakan aerphone dalam jangka waktu lama.

1. Munculnya gangguan pendengaran

Seseorang tidak boleh menggunakan aerphone saat tidur dikerenakan dapat mempengaruhi gangguan pendengaran. Jika jangka pakai dari alat ini terbilang lama kala tidur, kamu harus berhati-hati. Pasalnya saat tidur setiap orang tentu tidak tahu kapan akan terbangun.

Terlebih jika kamu menggunakan alat ini dalam volume yang besar. Hal ini dapat mempengaruhi pendengaranmu, bahkan bisa merusak saraf telinga dan kepekaan suara menjadi berkurang.

BACA JUGA:Bikin Kesal, Nyamuk Sering Berdengung di Dekat Telinga! Ternyata Karena Hal Ini

Mendengarkan musik dengan volume yang sangat besar dan durasi lama saat tidur pakai earphone, dipercaya bisa mengalami gangguan pendengaran permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: