Sejumlah Wilayah di Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Selama 3 Hari ke Depan

Sejumlah Wilayah di Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Selama 3 Hari ke Depan

Berdasarkan prakiraan cuaca 3 hari ke depan, mulai tanggal 4-7 Mei 2024, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, Mukomuko, Kepahiang, Bengkulu Tengah, dan Kota Bengkulu.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisiska (BMKG) Provinsi BENGKULU memperkirakan prospek cuaca atau iklim saat ini, menunjukan tidak ada daerah yang berstatus peringatan dini. Hanya saja akan terjadi hujan lebat di beberapa daerah di Provinsi BENGKULU selama 3 hari ke depan.

Hal ini disampaikan oleh Juwita, pengamat cuaca BMKG Bengkulu berdasarkan data yang diperbaharui BMKG Bengkulu, pada Sabtu 4 Mei 2024 pukul 09.30 WIB.

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan Haji, Kanwil Kemenag Bengkulu Sediakan Layanan Ramah Lansia

Berdasarkan prakiraan cuaca 3 hari ke depan, mulai tanggal 4-7 Mei 2024, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Kabupaten Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, Mukomuko, Kepahiang, Bengkulu Tengah, dan Kota Bengkulu.

"Untuk tanggal 4-6 Mei 2024 potensi hujan sedang terjadi hingga lebat terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kaur, Seluma, Mukomuko, Kepahiang, Bengkulu tengah, dan Kota Bengkulu. Dan untuk di tanggal 7 Mei 2024 potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di beberapa wilayah di Kabapaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, dan Kaur," ujar Juwita saat wawancara BETVNEWS di kantor BMKG Bengkulu.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Mersyah Terima Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah dari Mendikbudristek RI

Hal ini disebabkan adanya belokan udara memicu konvergensi sehingga terdapat banyak uap air di sekitar wilayah yang ada di Provinsi Bengkulu.

"BMKG berharap masyarakat Provinsi Bengkulu mewaspadai cuaca mulai hari ini, karena diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat sampai tiga hari ke depan," kata juwita, Rabu 1 Mei 2024 pukul 11.10 WIB

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Peternak Gangsar Seluma Sejahtera Siapkan Sapi Kurban untuk Presiden

Berdasarkan tinjauan parameter iklim secara umum, saat ini El Nino masih aktif dengan kondisi Lemah dan diprediksi menurun secara gradual menjadi netral pada Mei-Juni 2024. 

Sedangkan kondisi dipole mode di Samudera Hindia berada pada kondisi netral dan diprediksi bertahan hingga 5 bulan ke depan.

BACA JUGA:BMA Kota Bengkuku Inginkan Calon Walikota yang Religius dan Cinta Adat Budaya

Tambah Juwita, dirinya juga mengimbau agar masyarakat di Provinsi Bengkulu yang berencana berpergian pada tiga hari ke depan agar mempersiapkan jas hujan jika berkendara menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA:Bupati Lebong Kopli Ansori Mantap Maju Pilwakot Bengkulu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: