Diskop Kota Bengkulu Sebut Para Pelaku UMKM Harus Punya Kreativitas dan Inovasi

Diskop Kota Bengkulu Sebut Para Pelaku UMKM Harus Punya Kreativitas dan Inovasi

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kota Bengkulu menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan program usaha mikro angkatan pertama tahun 2024 yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM di bidang kuliner.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kota BENGKULU menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan program usaha mikro angkatan pertama tahun 2024 yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM di bidang kuliner.

Peserta pelatihan angkatan pertama ini sejumlah 50 orang, yang terdiri dari pelaku usaha kuliner di Kota Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 6-8 mei 2024 serta dibuka secara langsung oleh Penjabat Sekertaris Daerah Kota Bengkulu Eka Rika Rino.

BACA JUGA:Melonjak Lagi! Total DBD di Provinsi Bengkulu Capai 2.347 Kasus, 7 Orang Meninggal Dunia

Dalam sambutannya, Sekda Kota Bengkulu menyampaikan kepada seluruh peserta, agar mengikuti pelatihan ini dengan serius. Sebab dalam pelatihan ini, banyak tips dan materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

Ia juga berpesan agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini menghasilkan produk yang berkualitas dan harus berinovasi. Mulai dari packaging, design, rasa dan mutu produk harus dijaga serta penamaan produk harus yang menarik konsumen.

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Fenomena La Nina

Hal senanda juga diungkapkan Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu Nurlia Dewi. 

"Para pelaku UMKM memang harus dituntut kreatif dan inovatif. Jadi pada pertemuan hari ini kita membahas materi tentang menajemen keuangan, cara penjualan melalui digitalisasi atau sosial media dan perizinan. Kita juga pada kegiatan ini untuk pengembangan UMKM," ucap Nurlia Dewi Kepala Dinas Koperasi Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Pengumuman Kelulusan SMA/SMK, Dikbud Provinsi Bengkulu: Jangan Rayakan dengan Euforia Berlebihan

UMKM yang akan dikembangkan Pemerintah Kota Bengkulu lewat kuliner, mayoritas berbahan dasar ubi-ubian. Karena menurutnya, ubi-ubian bisa dijadikan berbagai inovasi makanan terlebih bahan dasar yang mudah didapat, bermanfaat untuk kesehatan, dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat dari semua kalangan baik orang tua dan anak-anak.

BACA JUGA:Hari ke-5 Pendaftaran PPS, Jumlah Pendaftar di Siakba KPU Kaur Capai 593 Orang

Ia juga menyampaikan, pihaknya akan mengembangkan produk UMKM agar dapat melakukan pengembangan pemasaran dan pengemasan produk secara digital. 

Lanjut Nurlia Dewi, diadakannya pelatihan ini bertujuan untuk menaikkan perekonomian masyarakat dengan berwirausaha sehingga UMKM bisa naik kelas serta produk yang dijual semakin berkembang.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Bagikan Hadiah kepada Pemenang Lomba Cipta Maskot Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: