dempo

Ini Profil Francois Letexier, Wasit Penuh Kontroversi yang Jadi 'Penyebab' Kekalahan Indonesia di Laga Playoff

Ini Profil Francois Letexier, Wasit Penuh Kontroversi yang Jadi 'Penyebab' Kekalahan Indonesia di Laga Playoff

Ini profil Francois Letexier, wasit penuh kontroversi yang jadi 'penyebab' kekalahan Indonesia di laga play-off--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut profil Francois Letexier, wasit penuh kontroversi yang dianggap jadi penyebab kekalahan Indonesia pada Laga Playoff di INF Clairefontaine, Prancis. 

BACA JUGA:Bela Timnas Indonesia Atas Kecurangan Wasit, Pelatih Shin Tae Yong Dihadiahi Kartu Merah, Begini Kronologinya

Kekalahan Timnas U-23 Indonesia melawan Guinea U-23 pada laga play-off memperebutkan tiket Olimpiade Paris 2024 lalu tersebut diwarnai oleh beragam kontroversi.

Kontroversi tersebut muncul akibat keputusan wasit Francois Letexier yang dianggap memberikan keputusan-keputusan yang menguntungkan lawan serta merugikan Timnas Indonesia. 

BACA JUGA:Rugikan Indonesia, Ini 3 Keputusan Kontroversial Wasit Francois Letexier dalam Playoff Indonesia vs Guinea

Mulai dari kontroversi dengan memberikan dua kali kesempatan penalti pada tim lawan hingga Guinea memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 hingga mmebuat Indonesia gagal melaju ke Olimpiade Paris 2024.

Kontroversi yang pertama datang pada menit ke-27 dimana wasit Francois Letexier memberikan hadiah penalti pada Guinea setelah terdapat dugaan pelanggaran akibat Witan Sulaeman. 

BACA JUGA:Jadi Wasit Olimpiade Paris 2024, Akankah Sivakorn Pu-udom Pimpin Laga Play-off Indonesia vs Guinea Malam Ini?

Witan dianggap menatuhkan salah satu pemain Guinea di kotak terlarang. Keputusan wasit memberi hadiah ini menuai kontroversi lantaran di dalam siaran ulang terlihat jelas jika pelanggaran tersebut terjadi di luar kotak penalti. 

Siaran ulang tersebut bahkan menunjukkan jika Witan Sulaeman tidak melakukan pelanggaran tersebut, namun keputusan wasit tidak dapat diganggu gugat. 

BACA JUGA:Fantastis! Segini Estimasi Gaji Wasit Piala Asia U-23, Shen Yinhao Berapa?

Hadiah penalti yang diberikan oleh wasit tersebut berhasil membawa tim Guinea pada gol pertama menuju ke gawang Ernando Ari pada menit ke-29 oleh Ilaix Moriba.

Seolah tidak cukup hanya dengan memberikan hadiah penalti pertama, wasit Francois Letexier kembali memberikan hadiah penalti kedua pada tim Guinea. 

BACA JUGA:Respect! Ini 10 Wasit yang Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: