dempo

Ariyono Gumay Gandeng Harialyyanto, Maju Pilwakot Bengkulu Jalur Independen

Ariyono Gumay Gandeng Harialyyanto, Maju Pilwakot Bengkulu Jalur Independen

Ariyono Gumay mendaftarkan diri menjadi bakal calon Walikota (Bacawalkot) Bengkulu lewat jalur independen serta menyerahkan berkas kelengkapan ke KPU Kota Bengkulu. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Teka-teki Ariyono Gumay maju menuju Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu 2024 dan siapa yang bakal menjadi pasangannya terjawab sudah. 

Minggu malam 12 Mei 2024, Ariyono Gumay mendaftarkan diri menjadi bakal calon Walikota (Bacawalkot) Bengkulu lewat jalur independen serta menyerahkan berkas kelengkapan ke KPU Kota Bengkulu. 

BACA JUGA:Sepeda Motor Kecelakaan di Jalinbar Kaur, 4 Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Ariyono datang bersama Harialyyanto yang menjadi calon wakilnya.  Sebanyak 23.509 dukungan masyarakat diserahkan ke KPU untuk melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. 

"Alhamdulillah, malam ini kami sudah menyampaikan berkas, sedang akan diverifikasi serta dicrosschek silon. Sesuai dengan persyratan minimal sudah kami lampirkan, mudah-mudahan bisa lolos verifikasi faktual dan bisa mendaftar Pilkada di bulan Agustus nanti," kata Ariyono Gumay, Minggu 12 Mei 2024.

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Seluma Usulkan Pembangunan Pustu dan Perlengkapan Kesehatan

Ariyono Gumay juga menjelaskan mengapa dirinya bersama Hariliyanto memilih menggunakan jalur independen, yaitu untuk mengakomodir  keinginan masyarakat atau konstituen yang akan mendukung mereka di Pilwakot 2024.

"Kami maju dari jalur perseorangan, karena banyak masyarakat yang mendorong dan meminta kami maju menjadi Balon Walikota dan Wakil Walikota dari jalur tersebut. Bagi kami sepanjang dibenarkan oleh konstitusi sah-sah saja dan tidak ada sesuatu yang istimewa," tambah Ariyono Gumay.

BACA JUGA:Ketua Fraksi PAN: Wajah Kota Bengkulu Saat Ini Wujud Nyata Kinerja Helmi Hasan

Di sisi lain, Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad mengatakan, bahwa pendaftaran jalur independen ditutup malam ini dan bisa dipastikan pendaftaran jalur perseorangan hanya dilakukan oleh pasangan Ariyono Gumay dan Harialyyanto.

"Ini pertama dan bisa dipastikan satu-satunya karena ini hari terakhir pendaftaran jalur independen untuk Pilwakot 2024. Berkas yang diajukan juga sudah memenuhi syarat minimal dan selanjutnya akan dilakukan proses administrasi dan verifikasi surat dukungan dimulai dari tanggal 13 Mei hingga 29 Mei 2024," jelas Ketua KPU Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Hasil Panen Merosot, Kenaikan Harga Kopi Tak Bikin Petani di Seluma Untung

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka tahapan penyerahan dukungan bagi bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati kemudian Walikota dan Wakil Walikota nonpartai atau independen. 

Hal ini sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang menetapkan bahwa calon nonpartai harus terlebih dahulu memenuhi syarat dukungan sebelum bisa mendaftar secara resmi sebagai calon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: