dempo

Tantangan dan Perjuangan Literasi di Indonesia

Tantangan dan Perjuangan Literasi di Indonesia

Ilustrasi perjuangan literasi di Indonesia.--(Sumber Foto: Reresti)

BETVNEWS - Berdasarkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang dihimpun oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas), menunjukkan tingkat Literasi masyarakat pada tahun 2022 berada pada 64,48 dari skala 100 atau masuk kategori sedang. Sehingga menyebabkan individu pada usia 15 tahun ke atas masih belum memiliki kemampuan Literasi yang cukup baik.

Literasi di Indonesia masih menjadi masalah yang belum terpecahkan hingga sekarang. Meskipun telah terjadi perbaikan di beberapa aspek, Hingga saat ini literasi masih berjuang untuk meningkat. 

BACA JUGA:Pentingnya Membangun Relasi yang Sehat di Lingkungan Sekitar

Pentingnya edukasi literasi yang mumpuni dapat mendorong kesejahteraan masyarakat agar lebih baik serta kemajuan negara dalam berbagai aspek.

Namun, edukasi literasi masih harus berjuang dengan keras di tengah berbagai penghalang seperti kurangnya minat dan kesadaran hingga teknologi dan digitalisasi yang semakin maju. 

Berapa lamakah edukasi literasi di Indonesia harus berjuang? 

BACA JUGA:Menyatu Lewat Komunikasi Kelompok: Fondasi Keberhasilan Bersama

Literasi sangat penting bagi individu, masyarakat dan kemajuan suatu negara terutama di Indonesia saat ini agar lebih baik untuk menghindari disinformasi, misinformasi serta malinformasi. 

Pentingnya literasi yang baik tidak bisa kita pungkiri mempunyai banyak manfaat, selain mencerdaskan anak bangsa hal ini juga dapat membantu perkembangan suatu negara menjadi lebih baik. 

Negara Indonesia dapat memiliki peningkatan dalam hal pendidikan, ekonomi, penguatan partisipasi sosial karena kesadaran masyarakat meningkat, perbaikan tingkat kesehatan, serta mendorong inovasi dan pembangunan teknologi hingga mengurangi angka kemiskinan yang ada. 

Hal ini tentunya hal yang baik untuk negara kita Indonesia jika tingkat literasi terus meningkat. 

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Perkembangan Teori Groupthink

Ada banyak cara meningkatkan tingkat literasi di Indonesia namun aspek utama yang harus dibangun merupakan sektor pendidikan seperti pembangunan sekolah yang layak, penyediaan transportasi publik yang memadai serta kesejahteraan pendidik dan guru yang harus selalu menjadi perhatian dari dulu hingga sekarang. 

Mirisnya tenaga kerja guru masih harus lebih diperhatikan lagi kesejahteraannya. Pengembangan program literasi yang komprehensif dan cocok pada situasi lingkungan masyarakat juga masih menjadi tugas yang penting dan tidak boleh ketinggalan agar masyarakat lebih tertarik untuk membaca informasi lebih banyak untuk menambah pengetahuan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: