dempo

Cobain 7 Sambal Khas Indonesia yang Bikin Nafsu Makan Naik!

Cobain 7 Sambal Khas Indonesia yang Bikin Nafsu Makan Naik!

Ilustrasi. Intip 7 jenis sambal khas Indonesia ini yuk, makan nasi jadi lebih nikmat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

2. Sambal tomat

Tentu setiap kita mengenal sambal yang satu ini, sebab selain dijadikan pelengkap makanan sambal ini juga mudah ditemui di tempat-tempat makan.  Tidak heran jika sambal menjadi ketertarikan setiap orang. Biasanya sambal ini tersaji dalam makanan penyetan dan sangat umum di Indonesia.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan jenis sambal ini juga tak ada yang begitu spesial. Sambal tomat dapat ditampilkan dengan level tertentu dari pedas sedang, sampai sangat pedas.

Hal tersebut sesuai dengan jumlah cabai yang digunakan. Bila hendak menyajikan sambal tomat pedas maka kamu dapat mengurangi jumlah tomatnya.  Apalagi sebagai Ibu rumah tangga tentu ada banyak ide ataupun inovasi tertentu pada jenis sambal tomat dengan perpaduan bahan, misalnya menambahkan pete, teri, terong, dan sayuran rebus.

BACA JUGA:6 Resep Masakan Rumahan Enak dan Lezat, Cobain Bikin Ayam Goreng Bawang Pedas Manis Ini

3. Sambal Bajak

"Bajak" dalam penamaan sambal ini saja cukup unik sebab berasal dari menu yang telah disajikan oleh para istri terhadap suaminya di tengah membajak sawah.

Sambal bajak telah banyak dikonsumsi masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tak hanya itu, sambal satu ini pun punya karakteristik warna yang cukup pekat dan merah mencolok sebab cabai merah mendominasi.

Bahan dasar sambal bajak ini diolah dari cabai, bawang, terasi, daun salam, serai, dan perasan jeruk nipis lalu digoreng. Walaupun memakai bahan terasi, aroma dari sambal ini cukup berbeda dibanding sambal terasi.

Dapat dikatakan bahwa sambal bajak ini cocok bagi individu yang tak terlalu suka dengan pedas sebab rasa sambal ini adalah pedas manis. Sambal bajak yang merupakan sambal khas di Jawa Timur ini menu santapan dengan cocolan ayam goreng krispi.

BACA JUGA:Penting Diketahui! 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Demam Berdarah, Salah Satunya Makanan Pedas

4. Sambal kecap

Sambal ini termasuk sebagai sambal mentar dan asalnya dari campuran kecap manis, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan juga tomat.

Jenis cabai yang paling mudah untuk dibuat, walaupun terlihat sederhana, kamu dapat membuatnya sebab sangat layak untuk dicoba. Tentu saja sambal ini cocok sebagai menu pendamping misalnya sate, ikan bakar, hingga barbeque.

Rasa pedas manis yang juga cukup banyak dari masyarakat menggemari sambal ini, selain itu sambal tersebut dapat dijadikan menu cocolan ayam goreng, ikan, hingga gorengan. Seseorang bisa jadi juga suka mengkreasikan sambal kecap oleh beberapa bahan misalnya pete, terasi, dan petis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: