dempo

6 Aturan Dasar Olaraga Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui, Jenis Alat hingga Perhitungan Skor

6 Aturan Dasar Olaraga Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui, Jenis Alat hingga Perhitungan Skor

Ilustrasi. Aturan dasar permainan bulu tangkis yang wajib diketahui.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Jika tidak ada servis maka permainan tidak akan pernah dimulai. Namun bagain satu ini tidak mungkin tidak memiliki hasil.

Aturan servis ialah harus dilakukan dengan posisi menyilang di lapangan dan harus berhasil melewati net atau pembatas yang sudah dibahas sebelumnya. 

Jika bulu tangkis tidak menyeberang dengan sempurnah maka point dihitung untuk lawan. Namun dari servis tersebut lawan tidak bisa mengambilny deng raket maka poit akan dihitung untuk tim kita.

BACA JUGA:Ini Jadwal Lengkap Turnamen Bulu Tangkis BWF Mei 2024, Salah Satunya Ada Thailand Open

5. Perhitungan skor

Aturan dasar permainan bulu tangkis berikutnya adalah perhitungan skor. Permainan ini terdiri dari 2 set dengan sekor 25. Tim yang mencapai poit terakhir pertama kali akan dinyatakan menang.

Jika pada babak ke-2 tim yang pertama kembali menang maka pertandingan selesai, jika pda babak kedua tim lawan yang menang maka kedua tim akan kembali bertanding.

6. Kartu merah, kuning, dan hitam

Aturan dasar permainan bulu tangkis yang terakhir adalah menganai kartu. Tidak hanya di permainan sepak bola terdapat kartu-kartu pelanggaran, namun di perminan bulu tangkis juga ada.

BACA JUGA:Daftar Atlet Bulu Tangkis yang Berhasil Raih Emas di Olimpiade, Ada Susi Susanti hingga Greysia Polii

Pada permainanbulu tangkis atau badminton terdapat 3 jenis karu yakni kartu merah, kuning, dan hitam.

Kartu kuning diberikan wasit ketika pemain terindikasi sengaja mengulur waktu pertandingan. Jika pemain mendapat kartu merah, mengakibatkan pindahnya servis dan satu poin untuk pihak lawan.

Sementara, kartu hitam menjadi hukuman paling berat dalam aturan permainan bulu tangkis yang mengakibatkan pemain keluar dari lapangan atau didiskualifikasi.

Demikian informasi menganai aturan dasar permainan bulu tangkis yang wajib pemula ketahui, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: