dempo

Presiden Iran Tewas Usai Helikopter yang Ditumpangi Jatuh, Murni Kecelakaan atau Ulah Israel?

Presiden Iran Tewas Usai Helikopter yang Ditumpangi Jatuh, Murni Kecelakaan atau Ulah Israel?

Kecelakaan helikopter yang menewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi, Minggu 19 Mei 2024.--(Sumber Foto: X)

BETVNEWS - Berita mengejutkan datang dari negara Iran. Orang nomor satu di Iran, Presiden Ebrahim Raisi tewas dalam tragedi kecelakaan helikopter di Provinsi Azerbaijan Timur, pada Minggu, 19 Mei 2024.

Sebelumnya Raisi dan rombongan menghadiri acara peresmian bendungan Qiz Qalasi di perbatasan. Nahas, saat hendak bertolak dari acara tersebut, heli yang ditumpanginya jatuh dan terbakar di sekitar perbukitan. 

BACA JUGA:Uniknya, Ini 5 Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara, Mulai dari Mendandani hingga Manten Sapi

Ebrahim Raisi dinyatakan meninggal dunia usai tim evakuasi menemukan puing-puing helikopter hangus, pada Senin pagi 20 Mei 2024.

Selian Raisi, 8 orang lainnya yang berada di dalam helikopter turut menjadi korban, termasuk Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, dan lainnya.

"Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu," kata salah satu pejabat Iran, seperti dikutip dari media Reuters, Senin 20 Mei 2024.

BACA JUGA:Apa Itu Hamas dalam Perang Palestina dan Israel? Cek Fakta dan Informasi Lengkapnya Disini

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi mengenai penyebab pasti dari kecelakaan tersebut. 

Bahkan pemerintah Iran belum buka suara tentang penyebab helikopter yang ditumpangi Raisi jatuh.

Belakangan diketahui cuaca di sekitar kejadian sedang dalam kondisi buruk dimana kabut tebal menyelimuti wilayah tersebut. 

Hal ini diketahui lantaran tim penyelamat kesulitan menjangkau lokasi kecelakaan yang berada di dalam hutan dan sempat dihentikan karena kabut sangat tebal. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Palestina, 6 Negara Ini Juga Pernah Konflik dengan Israel!

Apakah ada campur tangan Israel

Kendati diperkirakan kecelakaan helikopter tersebut dikarenakan cuaca, namun tidak sedikit yang menduga bahwa Israel yang menjadi dalang dalam insiden tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: