dempo

Penting! Ini 5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Si Kecil Sejak Dini

 Penting! Ini 5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Si Kecil Sejak Dini

Penting! Ini 5 life skill yang perlu diajarkan orang tua pada si kecil sejak dini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ketika menjadi orang tua, terdapat beberapa life skill atau keterampilan hidup yang perlu diajarkan pada anak oleh para orang tua untuk mempersiapkan anak tumbuh dewasa. 

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Hentikan Kebiasaan Buruk Ini Agar Tidak 'Menular' ke Anak, Apa Saja?

Mengajarkan keterampilan hidup ini baik untuk dilakukan sejak dini dan akan sangat berharga serta bermanfaat saat anak beranjak dewasa nantinya. 

Orang tua sebaiknya tidak menunggu hingga anak beranjak remaja dan ajarkan pada anak sejak kecil agar mereka dapat mempelajarinya secara perlahan. 

BACA JUGA:7 Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak, Salah Satunya Terlalu Memanjakan

Rutin mengajarkan pelajaran praktis di saat tumbuh kembang anak akan membuat anak menjadi lebih terbiasa untuk membuat keputusan, menghadapi tantangan hingga menangani situasi dengan baik. 

Mengajarkan life skill ini merupakan cara parenting yang dapat dilakukan oleh orang tua agar anak dapat menyesuaikan diri dan hidup dengan bauik serta berperilaku positif. 

BACA JUGA:5 Cara Ungkap Isi Hati Anak Agar Lebih Terbuka, Salah Satunya Jangan Menghakimi

Tidak hanya itu, mengajarkan hal ini pada anak juga dapat mendorong anak untuk lebih mandiri dan tidak membebankan tugas pada orang lain. 

Lantas apa saja keterampilan hidup atau basic life skill yang perlu diajarkan pada anak sejak dini? Berikut ulasannya yang telah BETV rangkum dari berbagai sumber. 

BACA JUGA:Anak Akrab dengan Kata Kasar? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Keterampilan Hidup yang Perlu Diajarkan Pada Anak

1. Mengambil Keputusan

Keterampilan hidup pertama yang penting untuk diajarkan pada anak adalah dengan mengajarinya cara untuk mengambil keputusan atau menentukan pilihan dengan bijak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: