dempo

Muslim Harus Tahu! 3 Syarat Berkurban dan Kriteria Hewan Kurban yang Sah Menurut Syariat

Muslim Harus Tahu! 3 Syarat Berkurban dan Kriteria Hewan Kurban yang Sah Menurut Syariat

Ilustrasi. Informasi mengenai syarat berkurban dan kriteria hewan kurban.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ibadah kurban dilakukan tepat setelah sholat Idul Adha, yuk simak pembahasan tentang syarat sah berkurban dan kriteria hewan yang boleh dikurbankan pada artikel ini.

Berkurban merupakan salah satu ibadah umat muslim yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau bulan haji, ibadah ini dilakukan untuk menunjukkan rasa cinta dan taat kepada Allah SWT.

Karena sesungguhnya ibdah kurban dilatar belakangi dari peristiwa ketika nabi Ibrahim yang bermimpi diperintahkan Allah SWT untuk mengurbankan anaknya Isma'il.

BACA JUGA:5 Cara Sehat Mengonsumsi Daging Kurban Saat Idul Adha, Aman dari Kolesterol Tinggi

Berkat ketaatan nabi Ibrahin dan rasa cintanya kepada Allah SWT, ia akhirnya mengurbankan anaknya. Namun, maha besar Allah, sebelum nabi Ibrahim menyembelih Isma'il Allah lebih dulu menggantinya dengan seekor domba.

Oleh karena itu, ibadah kurban disimboliskan dengan memotong hewan. Adapun hewan yang boleh dikurbankan memiliki kriteria sendiri, begitupun orang yang berkurban juga harus memenuhi syarat tertentu.

Dilansir dari detik.com, berikut syarat berkurban dan kriteria hewan yang boleh dikurbankan saat Idul Adha:

BACA JUGA:3 Resep Rendang Mantul untuk Idul Adha, Empuk dengan Bumbu Meresap, Pasti Ketagihan

1.  Muslim

Syarat berkurban yang pertama adalah harus seorang muslim. Sebagaimana diketahui bahwa berkurban merupakan ibadah ke pada Allah SWT yang merupakan tuhan umat muslim.

2.  Mampu

Syarat berkurban selanjutnya adalah dilakukan jika mampu. Hal tersebut karena berkurban dilakukan dengan penyembelihan hewan kurban yang mana hewan tersebut adalah domba, kambing, sapi, dan unta.

Seperti yang diketahui bahwa harga hewan tersebut tidak murah, jadi jika seorang muslim belum mampu tidak perlu berkurban.

BACA JUGA:Kurban Hari Raya Idul Adha Dapat Membawa Keberkahan, Cek Manfaatnya dalam Kehidupan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: