dempo

Hambat Osteoporosis hingga Perbaiki Fungsi Ginjal, Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Hambat Osteoporosis hingga Perbaiki Fungsi Ginjal, Ini 5 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat bayam merah untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Kandungan kalsium dan vitamin dalam tanaman ini terbukti dapat membantu peningkatan kesehatan tulang serta menghambat datangnya beragam penyakit tulang.

2. Membuat pencernaan makin sehat

Kandungan tinggi serat dalam bayam merah diketahui dapat menyehatkan saluran cerna, terlebih aman dikonsumsi bagi penderita kanker usus besar. 

BACA JUGA:Mengancam Kesehatan, Berikut 5 Efek Samping Rematik Jika Tidak Diobati

Bahkan sayuran jenis ini juga dapat kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah, dan membantu mengontrol kadar koleterol.

3. Mampu mencegah anemia

Tanaman jenis ini termasuk dalam sayuran penambah darah, khususnya ibu hamil dan ibu nifas yang diketahui lebih rentan kekurangan darah. 

Hal ini ditunjukkan melalui penelitian bahwa terdapat peningkatan jumlah hemoglobin yang tinggi dari hasil pemberian ekstrak bayam merah bagi ibu nifas dalam waktu 14 hari.

Dengan kandungan zat besi yang dimiliki bayam merah, hal tersebut memberikan peningkatan produksi sel darah merah, terlebih bisa menyehatkan metabolisme tubuh.

BACA JUGA:Bawang Putih Punya 8 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Tak hanya itu, bayam jenis ini juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa menyerap zat besi lebih optimal di dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata

Selain dapat memperbaiki fungsi ginjal, tanaman bayam merah bisa meningkatkan penglihatan mata. Kaya akan vitamin A, sayuran i9ni baik untuk kesehatan mata, sehingga penglihatan semakin meningkat.

Tak hanya vitamin A, bayam ini juga kaya akan zeaxanthin dan lutein yakni senyawa karotenoid yang dapat membentuk pigmen warna pada sejumlah jenis sayuran, salah satunya bayam merah.

BACA JUGA:Cegah Stres Oksidatif dan Anemia, Ini 10 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: