KPU

Tradisi Unik Sambut Hari Raya Idul Adha di 5 Negara, Salah Satunya Membuat Masakan Mrouzia

Tradisi Unik Sambut Hari Raya Idul Adha di 5 Negara, Salah Satunya Membuat Masakan Mrouzia

Ilustrasi. Tradisi unik sambut Hari Raya Idul Adha di 5 negara, salah satunya membuat masakan mrouzia.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Menurut informasi, para pria akan mengenakan Kandoora baru (sejenis baju tradisional berupa jubah panjang berwarna putih) atau mewarnai pakaian kandoora yang sudah ada menggunakan minyak kenari dan kapulaga.

Sedangkan kaum wanitanya mengenakan pakaian khusus, mereka akan mewarnai rambut atau tangan dengan hena. Kemudian, untuk para anak-anak mereka akan bergembira ria menerima bingkisan hadiah dan memakai baju baru.

BACA JUGA:Sesuai Syariat Islam, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan saat Idul Adha, Unta Salah Satunya

3. Hari Raya Idul Adha di Inggris

Di Inggris perayaan Idul Adha kerap dikenal dengan sebutan Salty Eid. Hal tersebut ada kaitannya dengan hidangan yang disajikan pada hari raya ini, dengan cita rasa gurih.

Setelah selesai menyembelih hewan kurban, penduduk di sana akan berkumpul bersama. Di akhir perayaan tersebut akan ada acara seperti pasar malam atau festival yang dilaksanakan di beberapa kota.

BACA JUGA:Hewan yang Dikurbankan Jadi Kendaraan ke Surga, Ini 7 Keutamaan Ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha

Nah, perlu kamu ketahui bahwa Islam di Inggris menjadi agama terbesar kedua. Sehingga tak heran jika Idul Adha di negara ini akan sangat terasa.

4. Hari Raya Idul Adha di Indonesia

Perayaan Idul Adha di Indonesia memiliki keberagaman, karena setiap daerah mempunyai tradisinya sendiri. Misalnya di Aceh dengan tradisi uniknya bernama Meugang, sebuah perayaan dengan memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga atau kerabat, menjadi bentuk syukur masyarakat kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Ternyata Begini Cara Pembagian Daging Kurban Hari Raya Idul Adha

Jika di Pasuruan, ada tradisi unik manten sapi yang menjadi bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada hewan yang akan disembelih. Bahkan, sapi tersebut didandani dengan cantik seolah menjadi pengantin.

Masih banyak lagi tradisi dalam menyambut Hari Raya Idul Adha di Indonesia, beberapa tradisi tersebut terbilang unik karena kekayaan budaya perayaan di berbagai daerah berbeda-beda.

BACA JUGA:Tidak Boleh Memotong Kuku Menjelang Idul Adha, Cek 8 Perkara Lain yang Dilarang di Bulan Dzulhijjah

5. Hari Raya Idul Adha di Pakistan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: