dempo

Dinas TPHP Prediksi Harga Biji Kopi di Bengkulu Tetap Stabil Saat Idul Adha

Dinas TPHP Prediksi Harga Biji Kopi di Bengkulu Tetap Stabil Saat Idul Adha

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon.--(Sumber Foto: Imron/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Menjelang Hari Raya Idul Adha, komoditas kopi di Provinsi BENGKULU menyentuh harga hingga lebih dari Rp60.000 per kg.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon.

Ia menyebut, harga kopi diprediksi masih akan stabil di atas Rp60.000 per kg saat memasuki hari raya Idul Adha. 

BACA JUGA:Mahasiswa di Bengkulu Tipu Teman Sendiri, Modus Pinjam Laptop Lalu Digadaikan

"Harga kopi sekrang menyetuh harga Rp60.000 per kg. Ini tentunya menjadi kabar baik untuk para petani, dan diprediksi masuk hari raya kurban nanti harga akan tetap stabil seperti ini," ujarnya saat wawancara BETVNEWS, Kamis 6 Juni 2024.

BACA JUGA:Menantu Tusuk Mertua hingga Kritis Ditangkap

M.Rizon menambahkan, saat ini permintaan pasar dunia sedang meningkat, namun jumlah produk terbatas sehingga membuat harga kopi menjadi naik.

"Faktor yang mempengaruhi harga kopi masih tinggi adalah produksi kopi sedikit sedangkan kebutuhan kopi dunia meningkat. Salah satunya petani kopi di Brazil itu beralih komoditi, padahal negara itu adalah penghasil kopi terbanyak dunia," ujarnya.

BACA JUGA:Palang Parkir Otomatis UINFAS Bengkulu: Solusi Cegah Pencurian Sepeda Motor

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu berharap para petani kopi selalu memperhatikan dan mempertahankan kulaitas biji kopi saat panen.

"Kita berharap kepada para petani kopi di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu untuk mempertahankan dan memperhatikan kualitas hasil panen seperti memilih biji yang matang dan pastinya berwarna merah, agar harga kopi semakin baik dan tentunya berimbas pada peningkatan kesejahteraan petani itu sendiri," sambungnya.

BACA JUGA:Kejari Seluma Selesaikan Kasus Penganiayaan Berdasarkan Keadilan Restoratif

Sebagai informasi, kabupaten di Bengkulu yang terkenal sebagai penghasil kopi di antaranya Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kepahiang, Rejang Lebong, dan Lebong. 

Dari data Dinas TPHP Provinsi Bengkulu rekap tahun 2022, Provinsi Bengkulu menghasilkan 59.227 per tahun untuk kopi Robusta dan 941 ton per tahun untuk kopi Arabika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: