dempo

6 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang Unik dan Penuh Makna, Meugang di Aceh hingga Abda’u di Maluku Tengah

6 Tradisi Idul Adha di Indonesia yang  Unik dan Penuh Makna, Meugang di Aceh hingga Abda’u di Maluku Tengah

Ilustrasi. Tradisi Idul Adha di Indonesia yang unik dan penuh makna.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak tradisi termasuk ketika Idul Adha, yuk simak ulasannya di artikel ini.

Idul Adha merupakan sebuah hari raya dalam agama Islam yang memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma'il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah.

Ada banyak tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia di berbagai daerah dalam perayaan Idul Adha yang tentunya unik dan penuh makna.

BACA JUGA:7 Outfit Rekomendasi untuk Idul Adha, Ada Kaftan hingga Celana Rok

Tradisi Idul Adha dilakukan rutin setiap tahun di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu tradisi Idul Adha di Indonesia yang unik dan penuh makna adalah Meugang di Aceh.

Tradisi ini dilakukan tidak lain untuk menyampaikan rasa syukur masyarakat Aceh terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT.

Selain itu, tradisi yang dilakukan masyarakat semarang juga tidak kalah unik yakni apitan, sama seperti meugang Aceh tradisi ini juga diperingati sebagai rasa syukur umat muslim terhadap rezeki yang diberikan Allah SWT.

Tidak hanya itu, masih ada banyak tradisi unik dan penuh makna dihari Idul Adha seperti Gamelan Sekaten di Surakarta, Grebeg Gunungan di Yogyakarta, Manten Sapi di Pasuruan, Ngejot di Bali, hingga Abda’u di Maluku Tengah.

Melansir dari traveloka.com, berikut tradisi unik Idul Adha di Indonesia:

BACA JUGA:6 Fakta Menarik Hari Raya Idul Adha yang Jarang Diketahui, Bukan Hanya Perayaan Kurban

1. Meugang di Aceh

Tradisi unik Idul Adha yang pertama adalah Meugang di Aceh. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk syukur masyarakat Aceh kepada Allah SWT.

Tradisi ini dilakukan dengan memasak dging kemudian dimakan bersama kelurga dan kerabat terdekat. Sesuai dengan namanya adalah lebaran kurbanm jadi masyarakat Aceh makan daging bersama-sama untuk memeriyahkan perayaan Idul Adha.

Sama seperti Idul Adha pada umumnya, tradisi ini diawali dengan pemotongan hewan kurban kemudian daging hewan yang disembelih dibagikan kepada warga sekitar dan fakir miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: