dempo

Ternyata Ini 6 Fakta Perayaan Idul Adha, Salah Satunya Hewan Kurban Tidak Merasa Sakit Saat Disembelih

Ternyata Ini 6 Fakta Perayaan Idul Adha, Salah Satunya Hewan Kurban Tidak Merasa Sakit Saat Disembelih

Ilustrasi. Ternyata ini fakta Perayaan Idul Adha, salah satunya hewan kurban tidak merasa sakit saat disembelih.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak fakta menarik tentang Perayaan Idul Adha ini. Salah satunya diketahui hewan kurban tidak merasa sakit ketika disembelih.

Dalam pelaksanaanya, Hari Raya Idul Adha ini akan berlangsung setiap setahun sekali pada 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriah.

Berbeda dengan Idul Fitri, perayaan ini erat kaitannya dengan ibadah kurban dan bulan haji. Sehingga bagi yang mampu dapat melaksanakan ibadah tersebut.

BACA JUGA: 3 Resep Olahan Apel Kekinian, Cocok untuk Camilan Idul Adha saat Kumpul Bareng Keluarga

Kemudian ibadah kurban yang dimaksud di sini adalah penyembelihan hewan kurban dan dilaksanakan tepat setelah sholat 'id. Nantinya daging tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta menarik Perayaan Idul Adha yang perlu kamu tahu.

1. Hewan kurban saat disembelih tidak merasakan sakit

Fakta menarik lainnya, diketahui hewan ternak yang menjadi kurban di Hari Raya Idul Adha tidak merasakan sakit.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian Profesor Wihelm Schulze dan Dr. Hazim yang asalnya dari Hannover University, Jerman menyebutkan bahwa sapi dewasa yang ditanamkan Elekroda (Microchip) yang dikenal dengan EEG (Electro Encephalograph).

BACA JUGA:9 Amalan Sunnah Idul Adha yang Tidak Boleh Dilewatkan, Yuk Kumpulkan Pahala Sebanyak Mungkin!

Kemudian EEG tersebut ditanam di permukaan otak kecil sapi, hal ini akan diketahui derajat rasa sakit yang dirasakan sapi ketika diukur.

Kedua penelitian tersebut juga menambahkan Ecg (Electro Cardiograph) di jantung sapi yang punya peran sebagai perekam aktivitas jantung ketika darah mengucur sebab disembelih.

Tidak hanya itu saja, dilakukan juga beberapa uji coba dalam penyembelihan hewan kurban ini. Hasilnya, diketahui bahwa terdapat aktivitas normal yang berarti sapi tidak merasakan sakit.

Saat sapi meronta ketika disembelih, hal ini adalah reaksi kejutan dari otot sapi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: