dempo

7 Hal Ini Sebabkan Kerutan di Wajah, Salah Satunya Sinar Matahari, Cek yang Lain

7 Hal Ini Sebabkan Kerutan di Wajah, Salah Satunya Sinar Matahari, Cek yang Lain

Ilustrasi. Penyebab kerutan di wajah.--Sumber foto: (Doc/BETV)

2. Kebiasaan merokok

Penyebab munculnya kerutan di wajah berikutnya adalah kebiasaan merokok. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kerutan atau keripun bisa muncul karena menurunnya poduksi kolagen di kulit.

Ternyata zat nikotin dari rokok dapat menyebabkan sel kulit rusak sehingga mengganggu tingkat elastisitas kulit wajah yang pada akhirnya menimbulkan kerutan.

Diketahi zat nikotin rokok membuat pembulu darah menyempit, akibatnya oksigen tidak dapat mencapi sel kulit. Di sisi lain, panas dari rokok membuat permukaan kulit wajah menjadi kering dan rusak.

BACA JUGA:Mengatasi Beragam Masalah Kulit Wajah hingga Rambut, Inilah 5 Manfaat Buah Melon di Dunia Kecantikan

3. Kontraksi otot wajah

Penyebab munculnya kerutan di wajah selanjutnya adalah kontraksi otot wajah. Hal ini terjadi karena pergerakan mimik muka yang selalu berubah-ubah setiap detiknya.

Pergantian mimik wajah yang terlalu sering dapat mengakibatkan tingkat elastisitas kulit menurun, sehingga wajah menjadi lebih mudah kendor dan muncullah garis halus bahkan keriput. Ekspresi yang bisa menimbulkan kerutan adalah menyupitkan mata, senyum, menangis dan lainnya.

4. Posisi tidur menyamping

Selain kontraksi otot wajah, posisi tidur menyaming juga bisa menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Hal tersebut karena adanya tekanan pada kulit wajah saat tidur, hal inilah yang menyebabkan tingkat elastisitas kulit menurun.

BACA JUGA:Menghidrasi hingga Melembabkan Secara Maksimal, Inilah 7 Bahan Alami Jitu Mengatasi Kulit Kering di Wajah

Kebiasan tidur menyamping yang berlangsung selama bertahun-tahun dapat menggangu struktur kulit sehingga muncullah garis halus, keriput, dan kerutan.

5. Diet yang tidak konsisten

Penyebab munculnya keriput di wajah yang lainnya adalah diet yang tidak konsisten. Diketahui bahwa ketika diet tubuh kehilangan banyak berat badan.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit di wajah sehingga muncullah kerutan dan garis halus. Belum lagi jika diet yang dilakukan tidak konsisten, berat badan yang naik dan trun menyebabkan permukaan kulit mengendor dan berkeriput pada akhirnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: