dempo

Jangan Abai! Ini 5 Gejala Baby Blues Syndrome yang Mudah Dikenali, Suami Harus Siaga

Jangan Abai! Ini 5 Gejala Baby Blues Syndrome yang Mudah Dikenali, Suami Harus Siaga

Ilustrasi. Gejala baby blues syndrome yang terjadi pada ibu--(Sumber : Doc/BETV)

Baby blues syndrome sebagai sebuah gangguan kesehatan mental yang dialami oleh wanita pasca melahirkan biasanya ditandai dengan munculnya perubahan pada suasana hati seperti merasa gundah dan sedih secara berlebihan. 

Meskipun baby blues syndrome ini dapat pulih dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan profesional, namun pada beberapa kasus kondisi ini dapat menjadi sangat serius. 

BACA JUGA:Mengandung Air dan Serat Tinggi, Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Oleh sebab itu, penting bagi seorang suami atau orang-orang yang ada di lingkungan ibu untuk mengetahui gejala baby blues syndrome ini agar dapat segera menangani gejala tersebut sebelum bertambah parah. 

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum beberapa informasi mengenai gejala baby blues syndrome yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Tinggi Asam Folat, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil

Gejala Baby Blues Syndrome

1. Muncul Rasa Sedih yang Menyebabkan Ibu Menangis

Gejala pertama yang terlihat jika seseorang mengalami baby blues adalah munculnya rasa sedih sehingga mereka seringkali menangis. 

Tidak hanya sering menangis, biasanya ibu yang mengalami kondisi ini juga akan mudah merasa cemas serta mudah merasa tersinggung bahkan tidak memperhatikan keadaan anak atau merasa takut untuk menyentuh anak. 

BACA JUGA:Bahaya Untuk Ibu Hamil? Inilah Efek Samping Mengkonsumsi Buah Kelengkeng yang Perlu Kamu Ketahui

2. Emosi Labil dan Mudah Marah

Gejala berikutnya yang tampak pada ibu yang mengalami baby blues adalah emosinya yang tidak stabil dan mudah marah akibat adanya perubahan homron di dalam tubuh seperti homron esterogen dan progesteron yang berfluktuasi dengan cepat. 

Perubahan hormon inilah yang mempengaruhi suasana hati dan emosi sang ibu sehingga dia akan merasa lebih sensitif, mudah marah, dan bahkan cenderung mengalami perubahan emosi yang ekstrim. 

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Leci Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Bayi Lahir Cacat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: