KPU

Herbal Alami Cegah Obesitas, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Herbal Alami Cegah Obesitas, Ini 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Daun jambu biji merupakan salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi herbal alami yang dapat mencegah obesitas, yuk simak ulasn selengkapnya di sini.

Psidium guajava atau daun jambu niji berasal dari Meksiko Selatan yang kemudian menyebar ke berbagai daerah termasuk Indonesia.

Pohon jambu biji dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Selain memiliki buah yang lezat dan kaya vitamin, daunnyapun juga diperkaya dengan kandungan baik yang bisa mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, salah satunya obesitas.

Hal tersebut karena daun jambu biji dapat mencegah karbohidrat komplekas berubah menjadi gula. Caranya, kamu hanya perlu mengkonsumsi sari daun jambu biji.

BACA JUGA:10 Bahaya Tidur Berlebih Bagi Kesehatan, Sebabkan Obesitas Salah Satunya

Tidak hanya itu, daun jambu biji juga efektif meredakan nyeri haid. Hal tersebut karena daun jambu biji memiliki kemampuan untuk memberikan rasa rileks saat keram perut karena haid.

Lebih dari itu, daun jambu biji juga mampu melancarkan sistem pencernaan, obati sariawan, hingga membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Melansir dari kesehatan.kontan.co.id, berikut manfaat daun jambu biji untuk kesehatan:

1. Membantu meredakan gejala nyeri haid 

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meredakan nyeri haid.

Hal ini karena kandungan yang terdapat pada daun jambu biji dapat memberikan efek rileks pada perut sehingga keram akbit haid akan berkurang.

BACA JUGA:Kacang Hijau Tawarkan Beragam Nutrisi, Inilah 11 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Sebuah studi pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri saat menstruasi menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari menurunkan intensitas nyeri.  

Selain itu, manfaat ekstrak daun jambu biji juga diduga dapat membantu meredakan kram rahim. 

2. Mengobati sariawan dan sakit gigi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: