KPU

1.000 Pantarlih Siap Sukseskan Pilkada Kota Bengkulu 2024, Ini Tugasnya

1.000 Pantarlih Siap Sukseskan Pilkada Kota Bengkulu 2024, Ini Tugasnya

Anggota KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent menegaskan pentingnya peran Pantarlih dalam proses Pemilu.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota BENGKULU mengumumkan bahwa sebanyak 1.000 Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) telah direkrut dan siap untuk menjalankan tugas mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang. 

Saat ditemui pada Jumat, 20 Juni 2024, anggota KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent menegaskan pentingnya peran Pantarlih dalam proses Pemilu.

BACA JUGA:Festival Gurita 2024 Kaur Resmi Dibuka Kemenparekraf RI, Masuk Kalender KEN

Dirinya menjelaskan, Pantarlih memiliki tanggung jawab utama yaitu membantu KPU Kota Bengkulu dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. Termasuk verifikasi faktual terhadap data yang ada, serta memastikan setiap warga yang memiliki hak pilih terdaftar dengan benar. 

Pantarlih juga bertugas mengidentifikasi pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat, seperti yang telah meninggal dunia atau pindah domisili.

BACA JUGA:Kembali Rusak, Pemerintah Provinsi Bengkulu Diminta Prioritaskan Pembangunan Jalan Padang Capo

"Pantarlih untuk KPU Kota Bengkulu pada pilkada 2024 ini kita membutuhkan 1000 tenaga Pantarlih. Tugasnya secara umum membantu KPU Kota Bengkulu untuk memutakhirkan daftar pemilih," ujar anggota KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent. 

BACA JUGA:Pedagang di PTM Bengkulu Ditertibkan, Pedagang Mengaku Sudah Bertahun-tahun Berjualan

Selain tugas verifikasi dan pemutakhiran data, Pantarlih juga berperan penting dalam sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya berpartisipasi dalam pilkada. 

Mereka akan melakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah warga, memastikan data yang terdaftar akurat, serta memvalidasi informasi yang ada.

BACA JUGA:Sebelum Dilantik, Dewan Terpilih Wajib Lapor Harta Kekayaan, Cek Deadline-nya

"Mereka langsung ke lapangan, jadi mereka membawa daftar pemilih dilengkapi dengan atribut mereka turun ke kantong daerah masing masing diwilayah TPS untuk melakukan pengecekan data, apabila ada data yang berubah, misalnya ada yang meninggal dunia, ada yang TPS lain atau bisa jadi ada data warga yang baru," sambungnya. 

BACA JUGA:Belum Ada Rekomendasi Partai Golkar Untuk Calon Kepala Daerah di Provinsi Bengkulu, Begini Penjelasannya

Dengan adanya 1.000 Pantarlih yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bengkulu, KPU optimis bahwa proses pemutakhiran data pemilih akan berjalan dengan baik dan akurat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: