dempo

Bahaya Overthinking bagi Kesehatan, Dapat Merusak Mental Anak, Ini yang Akan Dialami

Bahaya Overthinking bagi Kesehatan, Dapat Merusak Mental Anak, Ini yang Akan Dialami

Ilustrasi. Bahaya overthinking bagi kesehatan, dapat merusak mental anak, ini yang akan dialami.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETNEWS - Tidak sedikit orang akan mengalami perilaku overthinking terhadap suatu hal. Bahkan hal tersebut cukup membahayakan kesehatan mental anak.

Ada beberapa hal yang dapat dialami seseorang saat overthinking berlebihan. Gangguan ini termasuk dalam kategori psychological disorder atau Gangguan psikologis karena menimbulkan kecemasan atau anxiety pada penderitanya.

BACA JUGA:4 Tanda Ini Bisa Jadi Kamu Sedang Overthinking, Khawatir Berlebihan Salah Satunya, Coba Lakukan Hal Berikut!

Bukan hanya itu, overthinking ini juga dikenal dengan paralysys analysys dimana seseorang terus menerus memikirkan suatu permasalahan tanpa menemukan solusi.

Banyak dari mereka beranggapan bahwa overthinking menjadi sikap yang diambil untuk berhati-hati dalam mengambil keputusan dan lebih membantu memahami situasinya.

Namun, ternyata dampak dari sikap tersebut bisa membahayakan kesehatan mental seseorang. Seperti depresi, timbunya kecemasan, hingga hal lainnya yang dapat membahayakan tubuh.

BACA JUGA:Suka Overthinking! 5 Zodiak Paling Pemikir, Semua Hal Dikhawatirkan, Zodiakmu Salah Satunya?

Jika terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu akan tidak baik, bahkan menjadi boomerang untuk kesehatan fisik dan mental.

Terlebih dapat berdampak buruk pada diri sendiri seperti mudah kelelahan secara emosional dan itu akan mengganggu kesehatan mental kamu.

Dilansir dari akun resmi Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa dampak dari overthinking yang akan dirasakan seseorang, yakni.

BACA JUGA:Waspada Toxic Parenting, Bisa Pengaruhi Mental Anak, Kamu Salah Satunya?

1. Memengaruhi Kinerja Otak

Organ tubuh yang paling berdampak akibat overthinking  yaitu otak. Overthinking dapat mengubah fungsi otak dengan mengubah struktur dan konektivitasnya.

Stres juga menyebabkan masalah mental, seperti gangguan kecemasan dan gangguan mood. Hal ini dapat mepengaruhi kualitas hidupmu apabila dibiarkan begitu saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: