dempo

Kulitmu Kering? Yuk Rawat dengan 5 Cara Mudah Ini, Jangan Lupa Eksfoliasi!

Kulitmu Kering? Yuk Rawat dengan 5 Cara Mudah Ini, Jangan Lupa Eksfoliasi!

Ilustrasi. Cara merawat kulit kering--(Sumber : Doc/BETV)

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk merawat kulit kering adalah melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah dan menyebabkan kulit wajah menjadi terlihat kusam dan kering. 

BACA JUGA:Wajah Sensitif Bisa Pakai! 5 Pelembap Ini Bikin Kulit Kering Jadi Kenyal dan Lembut, Cek Rekomendasinya

Eksfoliasi ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mechanical exfoliator dan chemical exfoliator. Dengan melakukan kombinasi dari eksfoliasi ini dapat meningkatkan tingkat hidrasi kulit. 

Tidak hanya itu, kombinasi eksfoliasi ini juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih baik dan lebih sehat. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan Buruk Mencuci Muka Bikin Kulit Kering dan Iritasi, Sebaiknya Hati-hati

2. Hindari Mandi dengan Air yang Terlalu Panas

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari mandi dengan air yang terlalu panas.

Jika biasanya mandi dengan air hangat dapat bermanfaat untuk tubuh, namun air hangat ini juga dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan lulit sehingga terlalu lama mandi dengan air hangat dapat menyebabkan kulit menjadi kering. 

BACA JUGA:Hindari Kulit Kering dengan 6 Bahan Alami Ini, Mampu Melembabkan dan Menghidrasi dengan Sempurna

Oleh sebab itu, pastikan untuk membatasi mandi dengan air hangat selama 5-10 menit dan keringkan tubuh dengan handuk berbahan lembut setelah mandi. 

Keringkan tubuh dengan ditepuk-tepuk perlahan, hindari menggosok terlalu keras karena dapat membuat kulit menjadi semakin kering. 

BACA JUGA:Kulit Kering Dapat Dipicu Oleh 7 Kebiasaan Buruk Ini, Mulai Sekarang Wajib Hindari

3. Gunakan Sabun Khusus

Dalam pemilihan sabun, pastikan untuk menggunakan sabun yang berbahan lembut. Hindari penggunaan sabun atau produk perawatan kulit lain yang berbahan keras, selain itu hindari juga penggunaan produk yang mengandung parfum dan alkohol. 

Kandungan parfum dan juga alkohol dapat membuat kulit menjadi rusak dan juga iritasi sehingga mudah kering. Karena itu pastikan untuk menggunakan sabun berbahan lembut atau mild soap yang berbahan dasar minyak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: