KPU

Hati-hati! Ibu Baru Rentan Alami Baby Blues Syndrome, Ini Penyebabnya

Hati-hati! Ibu Baru Rentan Alami Baby Blues Syndrome, Ini Penyebabnya

Ilustrasi. Penyebab baby blues syndrome yang penting untuk diketahui --(Sumber : Doc/BETV)

Biasanya, gejala baby blues ini akan memburuk pada hari ke 3-4 setelah melahirkan dan dapat berlangsung selama 14 hari sehingga kondisi ini sama sekali tidak bisa diabaikan. 

Oleh sebab itu, penting bagi keluarga atau suami untuk mengetahui penyebab baby blues ini agar dapat melakukan tindakan pencegahan atau mengatasinya dengan langkah yang tepat. 

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Leci Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Bayi Lahir Cacat

Lantas apa saja penyebab baby blues syndrome ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

Penyebab Baby Blues Syndrome

1. Perubahan Hormon

Penyebab pertama yang membuat seseorang terkena baby blues adalah adanya perubahan hormon karena saat melahirkan, tubuh akan mengalami perubahan hormon yang drastis. 

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Leci Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Bayi Lahir Cacat

Saat masa tersebut, kadar hormon esterogen dan juga hormon progesteron dalam tubuh akan menurun sehingga menjadi pemicu terjadinya perubahan suasana hati atau mood swing dan juga perasaan lelah dan tertekan. 

2. Sulit Beradaptasi

Penyebab selanjutnya yang membuat seorang ibu terkena baby blues adalah karena sulit beradaptasi dengan perubahan yang ada serta tanggung jawab baru sebagai seorang ibu. 

BACA JUGA:6 Manfaat Sayur Bayam bagi Bayi, Sehatkan Mata hingga Lancarkan Sistem Cernah

Biasanya ibu baru akan merasa kewalahan karena harus melakukan semuanya sendiri terutama mengurus anak. 

3. Kurang Tidur

Ibu baru juga biasanya kurang tidur karena siklus tidur bayi belum teratur sehingga ibu harus terjaga di malam hari. Kondisi ini tentunya menyita banyak waktu tidur mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: