dempo

5 Cara Cegah Baby Blues Syndrome, Coba untuk Tidak Terlalu Membebani Diri

5 Cara Cegah Baby Blues Syndrome, Coba untuk Tidak Terlalu Membebani Diri

5 cara cegah baby blues syndrome, coba untuk tidak terlalu membebani diri--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Baby blues syndrome sebagai sebuah gangguan kesehatan mental yang dialami oleh wanita pasca melahirkan biasanya ditandai dengan munculnya perubahan pada suasana hati seperti merasa gundah dan sedih secara berlebihan. 

Untuk itu, penting mencegah baby blues ini agar tidak terjadi pada ibu pasca melahirkan. 

BACA JUGA:5 Penyebab Baby Blues Syndrome yang Tidak Boleh Disepelekan, Kurang Tidur Salah Satunya

Lantas bagaimana cara mencegah baby blues syndrome ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Cara Mencegah Baby Blues Syndrome

1. Jangan Membebani Diri

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah babu blues ini adalah dengan jangan terlalu membebani diri untuk mengerjakan segalanya sendirian. 

BACA JUGA:Mengenal Baby Blues Syndrome, Masalah Mental yang Sering Dialami Ibu Baru, Apa Itu?

Sebaiknya ibu mengerjakan apa yang kamu sanggup untuk kerjakan. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada pasangan atau orang-orang terdekat jika kamu merasa kerepotan mengurus anak dan juga pekerjaan rumah. 

2. Tidur Yang Cukup

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah baby blues ini adalah dengan memastikan jika waktu tidurmu cukup. Kamu bisa tidur saat si kecil tengah tertidur. 

BACA JUGA:7 Cara Mudah Cegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

Jika anak terbangun karena mengompol di malam hari dan kamu masih memerlukan waktu tidur untuk memulihkan tenaga, jangan sungkan untuk meminta bantuan pasangan untuk menggantikan popok dan juga menjaga anak. 

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Berolahraga Rutin

Berolahraga secara rutin dapat mencegah baby blues karena dapat mengalihkan perhatian dan juga kekhawatiran yang dirasakan. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan suasana hati dan juga kualitas tidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: