dempo

Anak Kesulitan Tiru Suara? Awas Bisa Jadi Tanda Speech Delay, Ini Ciri Lainnya

Anak Kesulitan Tiru Suara? Awas Bisa Jadi Tanda Speech Delay, Ini Ciri Lainnya

Ilustrasi. Anak kesulitan tiru suara? Awas bisa jadi tanda speech delay, ini ciri lainnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting bagi orang tua untuk mengetahui tanda speech delay pada anak karena tanda tersebut dapat terlihat dengan jelas namun seringkali tidak disadari. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Diabetes pada Anak yang Harus Diwaspadahi, Kelelahan Ekstrem hingga Bau Napas

Masalah keterlambatan bicara pada anak merupakan Masalah yang serius sehingga orang tua perlu mengetahui ciri speech delay tersebut pada anak agar dapat segera melakukan tindakan. 

Speech delay sendiri merupakan suatu kondisi dimana anak mengalami keterlambatan dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk berbicara sehingga tidak sesuai dengan anak seusianya. 

BACA JUGA:Awas! Obesitas pada Anak Bisa Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Mengatasinya

Padahal saat berusia dua tahun anak seharusnya telah mengucapkan sekitar 50 kata dan juga mampu berbicara dalam dua atau tiga kosa kata dan akan meningkat seiring bertambahnya usia. 

Namun pada anak yang mengalami speech delay ini, perkembangannya lebih lambat sehingga orang tua sebaiknya mengetahui kondisi ini mengingat kemampuan bicara merupakan hal yang sangat penting bagi anak. 

BACA JUGA:Gemuk Bukan Berarti Sehat, Ibu Perlu Kenali Sederet Tanda Obesitas pada Anak Ini

Penting bagi orang tua untuk mengetahui penyebab dan mengenali tanda-tanda awal dan mengetahui pencegahannya agar dapat memastikan jika anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.  

Pasalnya jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, masalah speech delay ini dapat membuat anak mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri atau memahami orang lain. 

BACA JUGA:Anak Kecanduan Game Online? Coba Atasi dengan 6 Cara Mudah Ini, Harus Punya Komitmen

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum beberapa tanda speech delay pada anak yang perlu diketahui oleh orang tua. Berikut ulasannya. 

Tanda Speech Delay pada Anak

Melansir dari laman halodoc.com, berikut tanda dan juga gejala anak yang mengalami speech delay. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: