dempo

Dinsos Seluma Siap Fasilitasi Beragam Bantuan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas

Dinsos Seluma Siap Fasilitasi Beragam Bantuan Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Seluma, Elian Suhandi.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Seluma menyampaikan siap memfasilitasi beragam alam bantu untuk penyandang disabilitas.

"Untuk penyandang disabilitas fisik seperti susah berjalan baik dari lahir atau gangguan pengelihatan, tuli atau sulit mendengar maupun pasca kecelakaan jika membutuhkan bantuan alat bantu penyandang disbilitas diminta untuk mengajukan ke Dinsos," kata Elian, Jumat 28 Juni 2024.

BACA JUGA:Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Bahas Raperda Penyandang Disabilitas dan Pendidikan Pesantren

"Kami siap memfasilitasi bantuan alat berupa kursi roda, alat bantu dengar, tongkat lansia dan tongkat ketiak bagi yang patah kaki, maupun bantuan disabilitas yang hendak berwirausaha," sambung Elian.

Lanjutnya setelah pihaknya menerima proposal dari pemohon, selanjutnya petugas Dinas Sosial melakukan verifikasi dan validasi data pemohon, apabila sudah lengkap kemudian membuatkan surat rekomendasi.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Sampaikan Nota Pendapat atas Raperda Penyandang Disabilitas dan Pondok Pesantren

Nantinya berkas tersebut di kirim ke Kementerian Sosial maupun Dinas Sosial Provinsi untuk diajukan usulan.

"Syaratnya dalam mengajukan usulan untuk mendapatkan alat bantu penyandang disabilitas, membuat proposal permohonan bantuan dengan melampirkan foto copy KTP, kartu keluarga serta foto seluruh badan," jelas Elian.

BACA JUGA:Penyandang Disabilitas Hingga Lansia di Kepahiang Terima Bantuan Kemensos RI, Segini Nilainya

Dikatakanya untuk selama ini sudah ada proposal yang disampaikan kepada dinsos, dan sudah banyak juga penyandang disabilitas dapat bantuan di tahun 2023 lalu.Untuk bantuan sendiri berdasarkan proposal yang diajukan dengan sesuai kebutuhan.

"Kita juga memfasikitasi bagi penyandang disabilitas yang hendak berwirausaha,  bahkan tahun kemarin sudah ada 5 unit sepeda motor yang diserahkan kepada disabilitas untuk mengembangkan usahanya," terang Elian.

(Julyan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: