dempo

Speech Delay, Gangguan Bicara pada Anak yang Perlu Diwaspadai, Apa Itu?

Speech Delay, Gangguan Bicara pada Anak yang Perlu Diwaspadai, Apa Itu?

Speech delay, gangguan bicara pada anak yang perlu diwaspadai, apa itu?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting bagi para orang tua untuk mengenal speech delay pada anak karena gangguan bicara ini dapat terjadi pada anak sehingga menjadi suatu hal yang perlu diwaspadai. 

BACA JUGA: Waspada! Beri Gadget pada Anak Bisa Sebabkan Speech Delay, Intip Penyebab Lainnya

Speech delay atau dikenal juga dengan istilah keterlambatan bicara anak merupakan sebuah kondisi saat anak mengalami keterlambatan dalam mengembangkan kemampuan berbicara sesuai usianya. 

Hal ini karena biasanya saat berusia dua tahun, anak telah mengucapkan sekitar 50 kata dan juga mampu berbicara dalam dua atau tiga kosa kata dan akan meningkat seiring bertambahnya usia.  

BACA JUGA:Anak Kesulitan Tiru Suara? Awas Bisa Jadi Tanda Speech Delay, Ini Ciri Lainnya

Namun jika dalam perkembangannya anak belum mencapai kemampuan tersebut, maka terdapat kemungkinan jika anak mengalami keterlambatan bicara atau speech delay. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika hal ini dapat membuat orang tua merasa khawatir lantaran kemampuan untuk berbicara merupakan, salah satu hal yang sangat penting bagi anak. 

BACA JUGA:5 Penyebab Diabetes pada Anak, Tidak Produksi Insulin Salah Satunya

Maka dari itu orang tua sebaiknya mengetahui kondisi ini, termasuk mengenali tanda-tanda awal dan mengetahui pencegahannya agar dapat memastikan jika anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Speech delay akan terlihat karena anak akan mengalami keterlambatan bicara dibandingkan dengan anak lainnya yang berada dalam usia yang sama seperti mereka. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Diabetes pada Anak yang Harus Diwaspadahi, Kelelahan Ekstrem hingga Bau Napas

Jika tidak segera diatasi, masalah speech delay ini dapat membuat anak mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri atau memahami orang lain. 

Namun orang tua juga perlu tahu jika speech delay ini berbeda dengan gangguan bicara atau autisme dan juga gangguan pendengaran. 

BACA JUGA:Awas! Obesitas pada Anak Bisa Jadi Sumber Penyakit, Ini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: