dempo

Ciri dan Karakteristik Jeruk Kalamansi, Si Kecil yang Tumbuhkan Komoditas Bengkulu

Ciri dan Karakteristik Jeruk Kalamansi, Si Kecil yang Tumbuhkan Komoditas Bengkulu

Ilustrasi. Ciri dan karakteristik jeruk kalamansi yang jadi komoditas Bengkulu --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Sebagai buah yang memiliki beragam jenis, ciri-ciri jeruk kalamansi dapat terlihat jelas dan berbeda dengan jeruk lainnya, salah satunya adalah ukurannya yang kecil. 

BACA JUGA:6 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kecantikan, Ampuh Cerahkan Kulit hingga Cegah Penuaan

Tidak hanya itu, buah ini juga dikenal dengan nama jeruk kasturi dan menjadi salah satu komoditas andalan Provinsi Bengkulu.

Jeruk kalamansi yang memiliki nama latin citrus x microcarpa ini merupakan buah jeruk berukuran kecil yang berasal dari Asia Tenggara dan memiliki nama yang berbeda di wilayah yang berbeda. 

BACA JUGA:5 Manfaat Jeruk Kalamansi untuk Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun hingga Kontrol Gula Darah

Selain populer karena rasanya yang unik, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah jeruk ini juga sangat melimpah sehingga tentunya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Jeruk kalamansi sendiri berasal dari kawasan Asia Tenggara dan menyebar ke berbagai negara termasuk Filipina, Malaysia dan juga Indonesia dan merupakan persilangan antara jeruk keprok dan kumquat. 

BACA JUGA:Nikmati Segarnya Minuman Jeruk Kalamansi dengan 3 Resep Berikut, Ada Sirup Markisa Kalamansi

Jeruk kalamansi ini merupakan salah satu varietas jeruk nipis dari Bengkulu dan dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk ditanam di pekarangan rumah. 

Hal ini karena jeruk kalamansi memiliki batang yang kecil dengan banyak cabang dan buahnya berukuran kecil 13,5 – 25 g/buah dengan bentuk buah bulat gepeng dan rasa dari jeruk ini asam menyegarkan.

BACA JUGA:Lezat dan Menyegarkan, Ini Resep Olahan Jeruk Kalamansi yang Mudah Dibuat

Buah jeruk yang belum matang berwarna hijau dan yang telah matang berwarna kekuningan sementara di dataran tinggi biasanya berwarna oranye setelah matang. 

Tidak hanya itu, jeruk ini juga mengandung banyak air dan memiliki aroma yang khas sehingga seringkali digunakan sebagai minuman atau bahkan sebagai penyedap makanan yang berbau amis. 

BACA JUGA:Mengenal Jeruk Kalamansi yang Jadi Komoditas Bengkulu, Ini Ciri dan Kandungannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: