dempo

Pilgub Bengkulu 2024: Dempo-Bang Ken Vs Helmi-Mian, Rohidin Mersyah Belum Putuskan Pendamping

Pilgub Bengkulu 2024: Dempo-Bang Ken Vs Helmi-Mian, Rohidin Mersyah Belum Putuskan Pendamping

Rohidin Mersyah belum menentukan pendamping untuk Pilgub 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Konstelasi politik pemilihan Gubernur (Pilgub) BENGKULU 2024 mulai mengerucut. Dua pasangan telah mendeklarasikan siap bertarung dalam perebutan kepemimpinan Provinsi BENGKULU lima tahun kedepan melalui pesta demokrasi pada 27 November 2024 mendatang.

Pasangan pertama yang lebih dulu mendeklarasikan diri bersama pasangan, yakni calon gubernur (Cagub) Dempo Xler dan calon wakil (Cawagub) Bengkulu Ahmad Kanedi atau sapaan akrab Bang Ken.

Keduanya telah mendeklarasikan diri maju Pilgub Bengkulu melalui jalur perseorangan atau independen dengan mendapatkan dukungan KTP dari masyarakat. 

BACA JUGA:Aksi Pencurian di Tanah Patah Terekam CCTV, Tabung Gas dan Kotak Amal di Warung Siomay Raib

Pasangan kedua yang baru-baru ini mendeklarasikan maju Pilgub Bengkulu Helmi Hasan dan Ir Mian sebagai Cagub dan Cawagub Bengkulu. Kedua pasangan ini maju melalui jalur persyaratan dukungan partai politik yang memiliki minimal 20 persen atau 9 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu

Koalisi kedua didukung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang masing-masing memiliki 6 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu hasil Pileg Februari 2024 lalu. Dengan total 12 kursi kedua pasangan ini telah memenuhi syarat dukungan untuk daftar Cagub dan Cawagub Bengkulu 2024.

BACA JUGA:30 Caleg Terpilih Rejang Lebong, Baru 5 Orang Lapor Harta Kekayaan

Sementara pasangan ketiga yang digadang-gadang kembali maju Pilgub Bengkulu, petahana Rohidin Mersyah. Ia telah mengantongi dukungan dari Partai Hanura dalam bentuk surat rekomendasi penugasan. 

Namun Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bengkulu ini juga mengklaim mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, meski belum menerima dukungan tertulis. Dengan dukungan 2 partai politik total Rohidin Mersyah telah memenuhi syarat pencalonan 20 persen kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Pengelola PTM Kota Bengkulu Desak Pemkot Tindak Tegas PKL yang Berjualan di Bahu Jalan

Partai Golkar yang juga pemenang Pileg Februari 2024 lalu, memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu 10 kursi dan tambah Partai Hanura 3 kursi total 13 kursi dukungan kepada Rohidin Mersyah. Tetapi petahana Rohidin Merayah belum memutuskan pendamping atau Cawagub di Pilgub Bengkulu 2024 nanti.

"Kita menyambut baik dari semua pasangan calon dalam kontestasi Pilkada dengan suasana riang dan gembira," kata Rohidin Mersyah, Selasa 2 Juli 2024.

BACA JUGA:Bos Orgen di Bengkulu Ditusuk Karyawan Sendiri Lantaran Gaji Tak Kunjung Dibayar

Disinggung pasangan yang mendampingi dirinya dalam Pilgub Bengkulu, Rohidin mengatakan, masih melihat perkembangan situasi politik. Namun ia berharap pasangan yang memiliki visi misi yang sama untuk membangun Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: