dempo

Perbanyak Asupan Serat, Ini 8 Cara Atasi Sembelit pada Anak yang Wajib Moms Tahu

Perbanyak Asupan Serat, Ini 8 Cara Atasi Sembelit pada Anak yang Wajib Moms Tahu

Ilustrasi. Cara mengatasi sembelit pada anak.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Moms harus memperbanyak asupan serat saat anak mengalami sembelit, yuk simak cara lainnya di sini.

Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan pencernaan tersendat, gangguan pencernaan satu ini kerap dialami anak pada masa pertumbuhannya.

Selain karena kurang serat, sembelit yang dialami anak juga dapat diakibatkan oleh kurangnya asupan cairan, terlalu banyak makan makanan padat, kurang beraktivitas, atau efek samping dari alergi susu.

Diketahui, jika sembelit tidak segera diatasi maka perut anak akan kembung, kesulitan buang air besar (BAB), sakit perut, dan kehilangan napsu makan sehingga membuat tubuh menjadi lesu.

BACA JUGA:Segera Konsumsi Nasi saat Diare agar Cepat Pulih, Ini 7 Rekomendasi Makanan Lainnya

Oleh karenanya penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit sebelum kondisi kesehatan semakin parah. 

Adapun salah satu cara mengatasi sembelit pada anak yang dapat moms lakukan adalah dengan memperbanyak asupan serat. Hal tersebut karena serat bertugas untuk meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Tidak hanya itu, perbanyak minum air mineral, yoghurt, mengajak anak lebih sering bergerak, pijat perut si kecil, dan terus mengingatkan anak untuk buang air besar juga termasuk cara mengatasi sembelit pada anak.

Melansir dari klikdokter.com, berikut cara mengatasi sembelit pada anak:

BACA JUGA:Feses Jadi Lebih Cair, Ini 7 Gejala Diare pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadahi

1. Perbanyak Asupan Serat

Cara mengatasi sembelit pada anak yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi serat. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa serat berperan penting dalam meningkatkan bakteri baik di dalam usus, sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah di keluarkan.

Selain itu, serat juga mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar, dengan begitu masalah sembelit dapat dihindari. Adapun asupan serat yang dapat dikonsumsi adalah buah-buahan atau sayuran hijau.

2. Pastikan Anak Minum Banyak Air Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: